Validitas Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) pada Mata Kuliah Rekayasa Pola di Prodi PKK-Tata Busana FT UNM

St. Aisyah(1*), Syarifah Suryana(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Modul pembelajaran berbasis Project Based Learning adalah salah satu modul pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik. Modul ini diharapkan dapat dipelajari secara mandiri dengan bantuan terbatas dari pendidik atau dosen. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang betujuan untuk mengetahui hasil validasi dari ahli materi dan ahli media. Analaisis validasi yang diperoleh menggunakan formula Aiken’s V.  dengan menggunakan 3 orang validator materi dan 3 orang validator media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari sisi materi dan media diperoleh nilai koefisien Aiken’s V berkisar antara 1,08 – 1,16. Dengan merujuk pada rentang pengkategorian dikatakan valid apabila rentang ≥ 0,92 maka hasil penilaian dari ketiga ahli materi dan ahli media pada modul pembelajaran mata kuliah Rekayasa Pola berbasis Project Based Learning dapat dikatakan seluruh item layak untuk digunakan pada pembelajaran mata kuliah Rekayasa Pola

 

Kata Kunci: Validitas, Modul, Project Based Learning, Rekayasa Pola


Full Text:

PDF

References


(2012). Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Indonesia: Republik Indonesia.

Azwar.S. (2014). Realibilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Rizqi , R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Addie Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA Kurikulum 2013. Bioedukasi , 1 - 8.

Hermawan, M. ( 2020, November 24 ). Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Retrieved From Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Ayo Guru Berbagi: Https://Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Project-Based-Learning/

Iwinaya, I. A., Darmawiguna, I. M., & Sindu, I. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 198-211.

Riadi, M. (2022, Februari 9). Penyusunan Modul Pembelajaran. Retrieved From Kajian Pustaka: Https://Www.Kajianpustaka.Com/2022/02/Modul-Pembelajaran.Html

Satriawan, N. (N.D.). Metode Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D. Retrieved From Ranah Research: Https://Ranahresearch.Com/Metode-Pengembangan-Model-4d/

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, D., Setyaningsih, N., Sucipto, Sutarto, & Prasetyo, D. (2019). Konsep Pebelajaran Project Based Learning. Semarang: ALPRIN.

Widyaningtyas, R., & Sukmana, R. W. (2021, April). Langkah-Langkah Pengembangan Bahan Ajar. Retrieved From Elearning Unla: Http:// Elearning. Unla.Ac.Id/ Pluginfile.Php/ 28781/Mod_Resource/Content/1/Modul_Topik%205%20Langkah-langkah %20dalam %20 pembuatan %20Bahan%20Ajar.Docx.Pdf


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.