Validitas dan Reliabilitas Skala Strengths And Difficulties pada Remaja

Widyastuti Widyastuti(1*), Kartika Cahyaningrum(2), Nur Arrad Tenri Gangka(3), Nur Fitri Ramadhani(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Masa remaja merupakan bagian dari kehidupan seseorang di mana mereka beralih dari masa kecil ke masa dewasa. Tugas perkembangan yang harus dilakukan remaja dapat menimbulkan tekanan atau stres bagi mereka. Fenomena ini dapat menyebabkan emosi negatif, dan remaja cenderung melakukan perilaku untuk meringankan stres. Selain itu, gangguan mental emosional adalah salah satu masalah kesehatan yang paling banyak dialami oleh remaja Tujuan penelitian ini adalah menguji skala Strengths and difficulties sebagai alat yang valid dan reliabel dalam mengukur kesehatan mental remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif, di mana dari 334 siswa yang mengisi skala, hanya 299 siswa yang memenuhi kriteria yang terdiri dari 97 laki-laki dan 202 perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha menunjukkan nilai reliabilitas pada aspek Strengths (Pro-sosial) berupa 0,675, sedangkan pada aspek Difficulties (Hiperaktivitas, masalah emosional, conduct problem, dan masalah dengan teman sebaya) sebesar 0,705. Adapun uji validitas dengan menggunakan analisis butir pada aspek Strengths menunjukkan bahwa nilai daya diskriminasi dari masing-masing aitem bergerak dari angka 0,391 hingga 0,503. Dengan demikian,  Strengths and difficulties-Self report (SDQ-SR) dapat digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan mental yang dimiliki oleh remaja.

 

Kata Kunci: validitas dan reliabilitas, strength and diffculties, remaja, kesehatan mental

Full Text:

PDF

References


Aryani, F., & Latif, S. (2022). Deteksi Dini Masalah Psikologis dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Strength and Difficulties Questionnaire (Sdq). 4(1).

Black, S., Pulford, J., Christie, G., District, W., Board, H., & Wheeler, A. (2010). Differences in New Zealand Secondary School Students’ reported Strengths and Difficulties. New Zealand Journal of Psychology, 39(3). www.sacsinfo.

Elvira, S. R., & Sakti, H. (2021). Eksplorasi Pengalaman Nonsuicidal Self-Injury (NSSI) pada Wanita Dewasa Awal : Sebuah Interpretative Phenomenological Analysis. Jurnal Empati, 10(5), 310.

Gomez, R., Motti-Stefanidi, F., Jordan, S., & Stavropoulos, V. (2021a). Greek Validation of the Factor Structure and Longitudinal Measurement Invariance of the Strengths and Difficulties Questionnaire-Self Report (SDQ-SR): Exploratory Structural Equation Modelling. Child Psychiatry and Human Development, 52(5), 880–890. https://doi.org/10.1007/s10578-020-01065-7

Gomez, R., Motti-Stefanidi, F., Jordan, S., & Stavropoulos, V. (2021b). Greek Validation of the Factor Structure and Longitudinal Measurement Invariance of the Strengths and Difficulties Questionnaire-Self Report (SDQ-SR): Exploratory Structural Equation Modelling. Child Psychiatry and Human Development, 52(5), 880–890. https://doi.org/10.1007/s10578-020-01065-7

Goodman, R. (2001). Psychometric properties of the strengths and difficulties questionnaire. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 40(11), 1337–1345. https://doi.org/10.1097/00004583-200111000-00015

Goodman, R., Renfrew, D., & Mullick, M. (2000). Predicting type of psychiatric disorder from Strengths and Dif®culties Questionnaire (SDQ) scores in child mental health clinics in London and Dhaka. In European Child & Adolescent Psychiatry (Vol. 9). Ó Steinkop€ Verlag. http://www.iop.kcl.ac.uk/

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed.). Erlangga.

I-NAMHS. (2022). Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental - Universitas Gadjah Mada. https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/

Islam, M. I., Sharwood, L., Chadwick, V., Esgin, T., & Martiniuk, A. (2022). Protective Factors against Self-Harm and Suicidality among Australian Indigenous Adolescents: A Strengths-Based Analysis of the Longitudinal Study of Indigenous Children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15). https://doi.org/10.3390/ijerph19159131

Kasali Rhenald. (2018). Strawberry Generation, Mengubah Generasi Rapuh menjadi Generasi Tangguh. Mizan.

Lundh, L. G., Wångby-Lundh, M., & Bjärehed, J. (2011). Deliberate self-harm and psychological problems in young adolescents: Evidence of a bidirectional relationship in girls. Scandinavian Journal of Psychology, 52(5), 476–483. https://doi.org/10.1111/j.1467-9450.2011.00894.x

Mészáros, G., Győri, D., Horváth, L. O., Szentiványi, D., & Balázs, J. (2020). Nonsuicidal Self-Injury: Its Associations With Pathological Internet Use and Psychopathology Among Adolescents. Frontiers in Psychiatry, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.00814

Muris, P., Meesters, C., & Van den Berg, F. (2003). The Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) further evidence for its reliability and validity in a community sample of Dutch children and adolescents. European Child and Adolescent Psychiatry, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.1007/s00787-003-0298-2

NHS. (2018). One in eight of five to 19 year olds had a mental disorder in 2017 major new survey finds - NHS Digital. https://digital.nhs.uk/news/2018/one-in-eight-of-five-to-19-year-olds-had-a-mental-disorder-in-2017-major-new-survey-finds

Oktaviana, M., & Wimbarti, S. (2014). Validasi Klinik Strenghts and Difficulties Questionnaire (SDQ) sebagai Instrumen Skrining Gangguan Tingkah Laku. JURNAL PSIKOLOGI, 41(1), 101–114.

Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (2020). SISTEM PENDETEKSI DINI KESEHATAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-17 TAHUN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup (Vol. 1). Erlangga.

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental. Kanisius.

Sudarsono. (1995). Kenakalan Remaja. Rineka Cipta.

Thesalonika, & Apsari, N. C. (2021). Perilaku Self-Harm atau Melukai Diri Sendiri yang Dilakukan oleh Remaja (Self-Harm or Self-Injuring Behavior by Adolescents). Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(2), 213–224.

Theunissen, M. H. C., de Wolff, M. S., & Reijneveld, S. A. (2019). The Strengths and Difficulties Questionnaire Self-Report: A Valid Instrument for the Identification of Emotional and Behavioral Problems. Academic Pediatrics, 19(4), 471–476. https://doi.org/10.1016/j.acap.2018.12.008

Ullebø, A. K., Posserud, M. B., Heiervang, E., Gillberg, C., & Obel, C. (2011). Screening for the attention deficit hyperactivity disorder phenotype using the strength and difficulties questionnaire. European Child and Adolescent Psychiatry, 20(9), 451–458. https://doi.org/10.1007/s00787-011-0198-9

UNICEF. (2020). PERUNDUNGAN DI INDONESIA: Fakta-Fakta Kunci, Solusi, dan Rekomendasi untuk Setiap Anak. https://indonesia.ureport.in/v2/opinion/3454/

Van Widenfelt, B. M., Goedhart, A. W., Treffers, P. D. A., & Goodman, R. (2003). Dutch version of the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). European Child and Adolescent Psychiatry, 12(6), 281–289. https://doi.org/10.1007/s00787-003-0341-3

WHO. (2015). Survei: 1 dari 20 Remaja Indonesia Punya Keinginan Bunuh Diri | kumparan.com. https://kumparan.com/millennial/survei-1-dari-20-remaja-indonesia-punya-keinginan-bunuh-diri-1sSawE442SO

WHO. (2021). Mental health of adolescents. WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health

Yang, K., Kim, S. Y., Kim, H., & Hwang, J. W. (2022). Association Among Self-Injury, Suicidal Tendency, and Personality and Psychological Characteristics in Korean Adolescents. Psychiatry Investigation, 19(1), 37–43. https://doi.org/10.30773/pi.2021.0184


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.