Evaluasi Pelaksanaan Praktik Industri Terhadap Penguasaan Hardskill Mahasiswa JTIK FT UNM

Syahrul Syahrul(1*), Dyah Vitalocca(2), Shabrina Syntha Dewi(3), Mardiana Mardiana(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan praktik industri terhadap penguasaan hardskill mahasiswa JTIK UNM dan mengidentifikasi faktor penghambat bagi penguasaan hardskill oleh mahasiswa JTIK UNM selama mengikuti program praktik industri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi dan menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara acak dari mahasiswa JTIKFT UNM angkatan 2021 yang telah selesai melaksanakan praktik industri dengan jumlah sampel sebanyak 144 mahasiswa Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan praktik industri mendukung dalam penguasaan hardskill mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK) FT UNM. Mahasiswa yang telah melaksanakan praktik industri berpendapat bahwa praktik industri membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan teknis, kemampuan berkomunikasi, manajemen waktu, dan kemampuan bekerja dalam tim. Kualitas pembimbing di industri dan kesiapan sebelum melaksanakan praktik juga memengaruhi pengalaman mahasiswa selama praktik. Selain itu, kesesuaian industri tempat praktik dengan program studi juga penting untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di kampus. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Akses ke perangkat dan teknologi mutakhir, serta upaya untuk memotivasi mahasiswa lebih lanjut, perlu ditingkatkan. Selain itu, perlu ada upaya yang lebih baik dalam memastikan keterlibatan aktif mahasiswa selama praktik industri.

 

Kata Kunci: praktik industri, hardskill


Full Text:

PDF

References


Dewi, Shabrina S. & Sudira. 2018. The Contribution of Teaching Factory Program Implementation on Work Readiness of Vocational High School Students In Makassar. Journal of Educational Science and Technology, Volume 4 Number 2 August 2018.

Handayani, A. D., & Jannah, R. M. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Industri pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(1), 29-38.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Menuju Indonesia Emas 2045: Sistem Pendidikan Nasional 2019-2045. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permatasari, Y. A., Mardiyanto, S., & Ardi, Z. (2021). Implementasi Praktik Industri sebagai Sarana untuk Meningkatkan Hard Skill pada Mahasiswa Ilmu Komputer. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(7), 252-269.

Setyaningrum, I., & Yulianto, A. (2019). Dampak Program Praktik Industri pada Pengembangan Hard Skill Mahasiswa. International Journal of Education and Practice, 7(7), 116-123.

Yusuf, M. (2014). Efektivitas Praktik Industri dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 305-316.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.