Pengembangan Model Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Bahasa Berbasis Komunikaif-Kritis
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil penelitian tentang model bahan ajar evaluasi pembelajaran bahasa yang dinalisis berdasarkan filosofi komunikatif-kritis (Kokri). Hasil penelitian ini bermanfaat secara teoritis dan praktis yaitu: Secara teoritis; mengembangkan teori dan ilmu pengetahuan tentang model pembelajaran bahasa secara Kokri. Secara praktis; dosen/Guru dan mahasiswa dapat menjadikan acuan dalam pembelajaran bahasa secara Kokri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Einzelarbeit sebagai asumsi menghasilkan kebutuhan sampel tentang bahan ajar terhadap evaluasi pembelajaran bahasa berbasis komunikatif dan kritis. Penerapan Selain itu, Gruppenarbeit menghasilkan konsep awal model bahan ajar evaluasi. Validasi dari penyusunan riset dikategorikan layak dan Prototype model & uji menunjukkan efektif & praktis. Produk riset tersebut menghasilkan artikel dan buku ajar evaluasi pembelajaran bahasa secara komunikatif-kritis
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Evaluasi, Kritis
Full Text:
PDFReferences
_____. 2010. Modul dan Bahan Pembelajaran. Diakses tanggal 22 Mei 2014.
Djiwandono, Soenardi. 2007. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.
Hamsiah, H. Tang, M.R., Tolla, A., & Jufri, J. 2017. Teaching Materials development for basic general course of Indonesian language class Based on cultural values Elompungi (Elong) Bugis Literature. Journal of Language Teaching and Research, 8(2), 278-285.
Harsiati, Titik. 2012. “Kajian Teoritis terhadap Penerapan Bahan Ajar Aflaton sebagai Bahan Ajar Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.” Jurnal Sekolah Dasar, 21 (I): 9--24.
Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya. Diakses Google Scholar pada tanggal 26 Februari 2020. Badan Penerbit UNM.
Jufri, J. 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa. Diakses Google Scholar pada tanggal 26 Februari 2020. Badan Penerbit UNM.
Jufri. 2020. Pengembangan Model Bahan Ajar (Diktat). Makassar.
Nana Sudjana. 1990. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya Offset.
Nurdin. 2007. “Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar”. Disertasi. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Tang,M.R., Jufri,J. & Sultan, S. 2016. Pengembangan Model Bahan Ajar Ceritra Fiksi Berbasis Wacana Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 169-175.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: webseit.
Y.Yusri, R. Mantasia, J.Jufri. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in Englisc Teaching to Increase Student’s Learning Outcame. Journal Of Advanced Englisch Studies. Diakses Google Scholar pada tanggal 26 Februari 2020.
Article Metrics
Abstract view : 28 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.