Penerapan Strategi Belajar Directed Reading-Thinking Activity Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 11 Parepare

Abdul Halik(1*), Nur Ilmi(2), Nurul Mukhlisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Literasi dan numerasi menjadi dua aspek pokok pada penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka yang menjadi landasan proses pembelajaran intrakurikuler yang esensial dan kontekstual. Di satu sisi, aspek literasi memang telah menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan Indonesia, utamanya di Pendidikan Dasar. Di sisi lain, berbagai studi dan riset pun menyoroti tingkat literasi siswa sebagai salah satu faktor utama masih rendahnya kualitas Pendidikan Dasar secara khusus. Permasalahan tersebut kemudian difokuskan pada keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV di UPT SDN 11 Parepare sebagai subjek dan lokasi penelitian tindakan kelas dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara yang didukung studi dokumen dan dokumentasi. Dalam mengukur keterampilan awal siswa dilihat dari nilai evaluasi terakhir oleh Guru Kelas IV terhadap keterampilan membaca pemahaman siswanya. Berdasarkan hasil penyelidikan, penelitian tindakan kelas ini dilakukan ke dalam Siklus I dan II yang menunjukkan meningkatnya aktivitas membaca siswa secara lebih aktif dan intensif dengan pendampingan dan pengarahan guru secara partisipatif dan komprehensif. Hal tersebut meningkatkan pula keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV UPT SDN 11 Parepare.

 

Kata Kunci: strategi belajar, membaca pemahaman, DRTA

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (5th ed.). Pearson.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches research (5th ed.). Sage Publications.

Cox, C. (1999). Teaching language arts: a Student-and response-centered classroom. Allyn and Bacon.

Dalman. (2017). Keterampilan membaca (Cetakan Ketiga). Rajagrafindo Persada.

Hasanudin, H., Said, E., & Rumalean, A. (2020). Directed reading thinking activity strategy: A study to enhance students' reading comprehension. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(1), 13–15. https://ejournal.um- sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/897

Juliana., Prayuda, M.S., Tanjung, D.S. (2023). Penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas V SDN 066050 Medan. Journal on Education, 5(4), 11503-11520. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2097/1739

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching (9th ed.). Pearson.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Mei). Peta jalan pendidikan Indonesia 2020-2035. (Draf Rahasia). Kemendikbudristek Republik Indonesia. https://abpptsi.org/2020/12/peta-jalan-pendidikan- indonesia-2020-2035/

Krismonika, E. (2020). Pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 321-325. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1587/1241#

Novrizaldi. (2021). Tingkat literasi Indonesia memprihatinkan, Kemenko PMK siapkan peta jalan pembudayaan literasi nasional. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan-pembudayaan-literasi

Slavin, R.E. (2018). Education psychology: Theory and practice (12th ed.). Pearson.

Slavin, R.M. (2015). Cooperative learning: Teori, riset dan praktik (N. Yusron, Penerjemah). Nusa Media.

Stahl, K.A.D. (2008). The effects of three instructional methods on the reading comprehension and content acquisition of novice readers. Journal of Literacy Research, 40(3), 359-393. https://doi.org/10.1080/10862960802520594

Stauffer, R.G. (1969). Directed reading maturity as a cognitive process. Harper & Row. https://archive.org/details/directingreading0000stau/page/n6/mode/ 1up?view=theater

Syarif, N.A.M., Nurhaedah., & Nurfaizah. (2022). Penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV SD Inpres Tetebatu Kabupaten Gowa. Global Journal Basic Education, 1(3), 330-339. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjp/article/view/634/242


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.