Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Makassar

Susanto Susanto(1), Muhammad Ardi(2), Anas Arfandi(3*), Akshari Tahir Lopa(4), Muhammad Haristo Rahman(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk menguji tingkat kemampuan berpikir kritis, motivasi berprestasi siswa, lingkungan keluarga siswa, metode mengajar guru, dan sikap belajar siswa di SMKN 5 Makassar, menguji pengaruh motivasi berprestasi siswa, lingkungan keluarga siswa, metode mengajar guru, dan sikap belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMKN 5 Makassar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti SMKN 5 Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 50,85% termasuk dalam kategori tinggi. Motivasi berprestasi siswa berada pada kategori tinggi sebesar 50,85%, lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi sebesar 50,85%, metode mengajar guru berada pada kategori tinggi sebesar 59,32%, dan sikap belajar siswa berada pada kategori tinggi sebesar 54,24%. Motivasi berprestasi siswa, lingkungan keluarga, metode mengajar guru, dan sikap belajar siswa secara bersama-sama mempengaruhi Y sebesar 72,2%.  

 

Kata Kunci: Critical Thinking Skills, Motivation for Achievement, Family Environment, Teacher Teaching Methods, Student Learning Attitudes

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 68-82.

Afifatusholihah, A. D. (2022). Pengaruh Metode Mengajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 12-20.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Florea, 6(1), 45-53.

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 8(1).

Arif, D. S., Zaenuri, & Cahyomo, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Model PBL Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Seminar Nasional Pascasarjana (hal. 323-328). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ariyati, E., Susilo, H., Suwono, H., & Rohman, F. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 208-215.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1).

Fitriani, R., & Irawan, A. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VII Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Bioedusiana, 3(1), 8-14.

Habayahan, A. R., Ritonga, N., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Sikap Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Tingkat SMA di Kecamatan Barus. Jurnal Mathedu, 107-114.

Hartati, Hidayat, W., & Ningrum, D. S. (2021). Gambaran Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII MTs Albidayah. Jurnal FOKUS, 4(5).

Lisna, A. (2021, Mei). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 77-83.

Marissa, N. (2022). Pengaruh Sikap Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 32-45.

Maslakhatunni'mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains, (hal. 179-185).

Mufridah, Hendriana, H., & Alawiyah, T. (2021). Gambaran Sikap Belajar Positif Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Batujajar. Jurnal Fokus, 99-104.

Nurhasanah, S., Arasti, Susanti, F. D., Rumperiai, M. G., & Hindun, I. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran CBL. Malang: Penerbit Kota Tua.

Pusparina, R. (2021, Agustus). Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan CTL. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 391-400.

Rachmah, L. L., Sunaryanto, & Yuniastuti. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar pada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 1168-1176.

Rahayu, L. E., & Sumaryoto. (2019). Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan IPS, 282-296.

Sakti, J. P., & Sukardi. (2020, November). Hubungan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Dasar Listrik dan Elektromekanik. Journal of Multidicsiplinary Research dan Development, 3(1), 8-15.

Susanto, A., Qurrotaini, L., & Mulyandini, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Controversial Issue. Jurnal Ilmiah PGSD, 71-76.

Tanadi, M., Hartini, S., & Putra, A. I. (2020). Motivasi Berprestasi Ditinjau dari Konsep Diri Siswa/Siswi Methodist 5 Medan. 22(1).

Upadani, N. M., & Agustiana, I. G. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Tema Berbagai Pekerjaan dengan Fun Thinkers. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 450-458.

Wayudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67-82.

Zakaria. (2020). Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. 03(2).


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.