Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Memanfaatkan Media Youtube untuk Meningkatkan Kemampuan Berpidato Siswa di SMP Negeri 3 Merauke

Mudatsir Mudatsir(1*), Wahyuniar Wahyuniar(2),

(1) Universitas Musamus
(2) Universitas Musamus
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan pemanfaatan media video YouTube dalam pembelajaran berpidato siswa. Subjek penelitian dilaksanakan pada siswa/i kelas IX semester ganjil 2023. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Merauke, yang berjumlah 37 siswa dan objek penelitian ini yakni keterampilan berpidato. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), observasi, dan dokumentasi. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan melakukan tes yaitu berpidato siswa sebelum dan sesudah penggunaan media youtube dengan mengacu pada aspek kebahasaan dan non kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media youtube dapat meningkatkan kemampuan berpidato dan sangat efekif digunakan dalam pembelajaran berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 3 Merauke dengan hasil perbandingan nilai rata-rata siswa/I pada tes awal (pretest)  dan tes akhir (posttest) dengan statistik uji t. Diketahui bahwa nilai t-hitung yang diperoleh dengan analisis uji t yaitu -8.627 dengan nilai standar deviasi 7.260 dan p-value 0.000. Hal ini diartikan terdapat  pengaruh pemanfaatan penggunaan media youtube terhadap  peningkatan kemampuan berpidato siswa kelas  XI di SMP Negeri 3 Merauke.

 

Kata Kunci: Project Based Learning; Media Youtube; Kemampuan Berpidato

Full Text:

PDF

References


Amanda, N., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) pada Tema Keluargaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17384

Amalia, N. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I. Jurnal PenSil, 9(2), 104–110. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350

Burke, S. C., & Snyder, S. L. (2008). YouTube: An Innovative Learning Resource for College Health

Education Courses. International Electronic Journal of Health Education, 11, 39-46.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/ 10.31941/delta.v8i2.1039.

Furi, L. M. I. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learningdan Project Based LearningTerintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60

Herawan, E. (2016). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Edunomic, 4(1), 18-29.

Illahi, T. rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya , Dosen Pascasarjana , Prodi Pendidikan Da. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3).

Mudatsir, M. (2023). Analisis Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Kearifan Lokal Dengan Memanfaatkan Platform Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 293-303.

Putri Nasution, E. Y., & Siregar, N. F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(02), 205–221. http://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3325.

Rohdiana, Rustam, Rasdawita. 2022. Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan. Vol. 10 (2). 209-217/.

Sahtoni. (2017). Implementation of Student's Worksheet Based on Project Based Learning (PjBL) to Foster Student's Creativity. Internatonal Journal of Science and Applied Science, 2(1), 329-337.

Sinsuw, A. A., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(3), 105-110.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. 2(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.