Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum Merdeka di UPTD SD Negeri 77 Barru

Kamaruddin Hasan(1*), Nurul Mukhlisa(2), Rasmi Djabba(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Saat ini beberapa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru telah melaksanakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka diterapkan pada kelas 1 dan 4 SD. Kurikulum merdeka adalah hal yang baru bagi guru dan kurikulum tersebut baru diterapkan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Sehingga, masih ada beberapa guru yang kesulitan dalam menerapkan kurikulum  merdeka ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Hasil dan informasi yang tepat diperoleh dengan mengaitkan program pembelajaran kurikulum merdeka di UPTD SD Negeri 77 Barru dengan pelaksanaan evaluasi program, maka dipilih model Stake’s Contenence Evaluation. Stake mengidentifikasi tiga tahap dari evaluasi program pendidikan, yaitu antecedents (masukan), transaction (proses), dan outcomes (hasil). Pada model ini ketiga tahap dibandingkan tidak hanya untuk menentukan apakah ada perbedaan tujuan keadaan yang sebenarnya, tetapi juga dibandingkan dengan standar absolut, untuk menilai manfaat program. Berdasarakan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka di UPTD SD Negeri 77 Barru sudah baik, namun perlu bimbingan, pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di UPTD SD Negeri 77 Barru sudah baik, namun perlu perbaikan, dan penilaian pembelajaran kurikulum merdeka di UPTD SD Negeri 77 Barru sudah baik, namun perlu dilaksanakan perbaikan dengan memberikan pelatihan kepada para guru.

  

Kata Kunci: kurikulum merdeka, evaluasi program

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Dewi, L. M. A. W., & Astuti, N. P. E. (2022). HAMBATAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 3 APUAN. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.128

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jpk.v9i1.43123

Mustofa, M. Z., & Setiyono, J. (2023). Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), Article 1.

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), Article 3.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431


Article Metrics

Abstract view : 661 times | PDF view : 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.