Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Buku Pop Up Materi Geometri untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Parepare

Zaid Zainal(1*), Yonathan Saba Passinggi(2), Ritha Tuken(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbentuk buku pop-up yang dirancang khusus untuk mempelajari topik geometri di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yang melibatkan tiga tahap awal sesuai model ADDIE, yaitu: (1) menganalisis produk, (2) merancang produk, dan (3) mengembangkan, memvalidasi, serta merevisi. Saat menganalisis, peneliti menemukan masalah melalui tes dan wawancara. Pada tahap perancangan, buku pop-up direncanakan dan instrumen penilaian produk dibuat. Pada tahap pengembangan, produk tersebut dibuat dan divalidasi serta direvisi. Hasil validasi oleh ahli bidang materi menunjukkan penilaian yang sangat baik (94,00%). Sementara hasil validasi oleh ahli media juga menunjukkan penilaian yang sangat baik (96,50%). Dengan demikian, berdasarkan hasil tersebut, buku pop-up sebagai media pembelajaran geometri untuk siswa sekolah dasar di Kota Parepare layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Pop-up Book, Quick Respone Code


Full Text:

PDF

References


Agustinah Siti Juriah. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aalat Ukr dalam Tema Kesehatan Melalui Media Konkrit pada Siswa Kelas III SDN Talian Kereng. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Volume 17, 77–83.

Dilla Desvi Yolanda, S. P. (n.d.). Pemahaman Konsep Matematika dengan Metode Discovery (2020th ed.). GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?id=mgVMEAAAQBAJ

Elvira Nathalia Husna, Regita Mutiara Rezani, Syahrial, S. N. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341–1351.

Huda, C. N., Hidayati, Y. M., & Syamsiah, S. (2021). Penggunaan Media Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5774–5782. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1571

Nizaar, M., Muhardini, S., & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Gam e interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. 2(2021), 10–16.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241

Sabella, D., Ramadhani, E., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(2), 132–140.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D Alfabeta CV.

Sulistiyowati, E., Setiowati, S., & Irawan, D. (2022). Materi Lingkaran Melalui Media Powerpoint Efforts To Improve Students ’ Learning Outcomes on. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 36–42.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16.

Vikiantika, A., Primasatya, N., & Erwati, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu, 6(2), 2002–2013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2328


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.