Pengembangan Penulisan Barzanji Kaligrafi Islam

Abd. Aziz Ahmad(1*), Baso Indra Wijaya Aziz(2), Sri Riski Wulandari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan merancang: 1) Prototype naskah Kitab Barzanji dalam penulisan Seni Kaligrafi Islam.  Karena penelitian ini menfokuskan diri untuk menganalisis buku, maka penelitian ini dikategorikan sebagai analisis documen (documentary analisyis) atau analisis isi (content analysis). Dokumen adalah segala hal tentang materi dalam bentuk tulisan yang dibuat oleh manusia. Dokumen yang dimaksud adalah suatu catatan  baik berupa catatan di atas kertas maupun dalam bentuk elektronik. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan angket, wawancara mendalam dan dokumen. Angket akan disebarkan kepada stakeholder dan kepada narasumber yang dianggap mengerti dan peduli terhadap pengembangan aksara naskah Barzanji, teknik wawancara untuk melengkapi data hasil angket. Selanjutnya penelusuran dokumen yang terkait dengan naskah Barzanji untuk melengkapi data yang dibutuhkan.  Analisis data menggunakan model analisis interaktif, terdapat empat langkah yang saling berinteraksi satu dengan lainnya dalam bentuk siklus. Keempat langkah itu adalah; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data untuk dijadikan bahan revisi dan penarikan kesimpulan.  Manfaat penelitian akan menghasilkan sebuah  Naskah Barzanji (buku ajar) sebagai pendukung mata pelajaran Barzanji di pesanteren dan akan menjadi bacaan yang digunakan dari berbagai upacara keagamaan misalnya dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW pada bulan Rabiul Awal dan acara lainnya khususnya di Sulawesi Selatan

 

Kata Kunci: Naskah Barzanji, Aksara Arab, dan Kaligrafi Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abd Aziz (2022). Ragam Karakter Kaligrafi Islam Kontemporer. Edisi Ke-3. Makassar: Penerbit UNM

Aly, K.H. Abdul Karim. (t.t). Barazanji Tarjamah Indonesia Bugis. Ujung Pandang: Toko Buku “Pesantren”

Arusadi, Ahmad Amirullah, 2010. Huruf Aksara Indonesia. http://ulax.wordpress.com/2010/03/06/huruf-aksara-di-indonesia/. Diakses 9 Maret 2018.

Casparis, J.G.de. (1975). Indonesian Palaeography: A History of Writing in Indonesia From The Beginning to CA.D. 1500. Leiden/Koln: E.J. Brill.

Folsom, Rose. (1990). The Calligrapher’ Dictionary. London: Thames and Hudson.

Jufri H., dkk. (2017). Panduan Penelitian PNBP. Makassar: Badan Penerbit UNM

Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Miles, Natthew B. and A. Michael Huberman. (2000) Analisis Data Kualitatif. Penerj. Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press)

Sihombing, Danton, MFA. (2001). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pus-

taka.

Susanto, Mikke. (2002). Diksi Rupa. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 18 Tahun 2002. https://puslit.kemsos.go.id/upload/aturan/files/0e93bc4b86a6cce77944b6abba901077.pdf Diakses 11 Maret 2018.

-----------.(t.t.) Majmu’ah Maulid Wa Adiyyah. Semarang: Karya Thoha Putra.

-----------.(t.t.) Majmu’ah Maulid Wa Adiyyah. Semarang: Thoha Putra.

https://kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-maulid-barzanji-lengkap-dengan-keutamaan-membacanya-1wR88fDbgPv/full


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.