Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran PAI di UPTD SD Negeri 12 Kota Parepare

Lukman Lukman(1*), Khairunnisa Khairunnisa(2), Shasliani Shasliani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran PAI di UPTD SD Negeri 12 Kota Parepare. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 12 Kota Parepare. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan, yakni (1) angket, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Data dalam penelitian ini terbagi ke dalam dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 12 Kota Parepare. Sedangkan sumber data sekunder, yaitu dokumentasi organisasi, dokumentasi pribadi dan internet. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu kegiatan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berlangsung dengan siklus yang bersifat interaktif. Hasil analisis angket kebutuhan pengembangan media menunjukkan bahwa 93,4% peserta didik setuju untuk dikembangkannya media pembelajaran interaktif pada materi PAI hal ini dikarenakan Peserta didik menyadari bahwa penggunaan media pembelajaran akan membuat belajar lebih paham dan menyenangkan serta media pembelajaran yang dilengkapi dengan video, gambar, dan animasi lebih menarik dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: analisis kebutuhan, media, pendidikan agama Islam

Full Text:

PDF

References


Aghini, Ilyasa, Rizki. 2018. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.Vol XVI (1).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: P.T Rineka Cipta.

Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 2 (1).

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Jhon. 1982. Metodelogi Penelitian dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Offfset Printing.

Juliani, I. Z, Dewi, A.K., Hermawati, F.M., & Iriani, E. 2018. Pembelajaran IPA dan Lingkungan : Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), Vol 2(2).

Karo-karo, Rasyid, Isran, & Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM. Vol VII (1).

Khoirunnisa, & Waryanto, N.H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, dan Kinestetik. (VAK)

Lubis, Sari, Mayang. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Majid, Abdul, Dian Andayani. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Cet. III. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moloeng, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhid, Abdul. 2021. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Mundir. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jember: STAIN Jember Press.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. Vol 3 (1).

Pranowo, Endro, Eka., Siahan, Parsaoran, & Setiawan Wawan. 2017. Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perpindahan kalor Siswa Kelas VII. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol 2 (1).

Rohani. 2019. Media pembelajaran. Universitas Islam Negeri. Sumatera Utara.

Saat, Sulaiman & Mania, Sitti. 2020. Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa: Pusaka Almaida.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sriandhi, Analisis Karakteristik Media Pembelajaran dan Motivasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal EducanduM, Vol 8 (2), (2015)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syahrum & Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung. Citapustaka Media.

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Widyaningrum, Retno. 2012. Model Pembelajaran Tematik Di Mi/SD. Cendekia. Vol. 10 (1).


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.