Profil Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN Kota Makassar

Hamka L(1), Asham Bin Jamaluddin(2*), Syamsiah Syamsiah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mendeteksi gaya belajar siswa sangat penting dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil gaya belajar peserta didik pada pembelajaran biologi di SMAN Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen gaya belajar berupa angket yang terdiri dari 36 pernyataan. Angket yang digunakan telah dinyatakan valid oleh ahli. Partisipan yang terlibat adalah 191 siswa di Kota Makassar yang diwakili oleh SMAN 9, SMAN 12, dan SMAN 14 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan gaya belajar siswa di Kota Makassar adalah gaya belajar visual, auditori, kinestetik dan kombinasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pemilihan strategi pembelajaran dapat menentukan tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: auditori, gaya belajar, kinestetik, siswa, dan visual

Full Text:

PDF

References


Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133–1141. http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Aprilia, B. L. K., Jamaluddin, J., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2732–2743. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1065

Arsih, F., Zubaidah, S., Suwono, H., & Gofur, A. (2021). Randai learning model to enhance pre-service biology teachers’ critical thinking skills. International Journal of Instruction, 14(2), 845–860. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14247a

Azizah, S. N., & Masub Bakhtiar, A. (2022). Gaya Belajar Audio Visual Dan Kinestetik Melalui Video Edukasi Terhadap Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 321(2), 2022.

Bahri, A., Muharni, A., Jamaluddin, A. Bin, Hidayat, W., & Arifin, A. N. (2023). Smart Teaching Based on Lesson Study Promoting Stundent’s Digital Literacy in The Rural Area. European Journal of Educational Research, 12(2), 901–911. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.2.901

Dea Puspita, M., Prayito, M., & PGRI Semarang, U. (2020). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 141–150.

Ediyanto. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Visual, Auditori, Dan Kinestetik Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Student Research Journal, 1(2).

Erbil, D. G., & Kocabas, A. (2019). Primary teachers’ views on using technology in education, flipped classroom and cooperative learning. Elementary Education Online, 18(1), 31–51. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.527150

Glaze, A. L. (2018). Teaching and Learning Science in the 21st Century: Challenging Critical Assumptions in Post-Secondary Science. Education Sciences, 8(2), 1–8.

Hetilaniar, Subyantoro, & Pristiwati, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Pewara Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Hooshyar, D., Pedaste, M., Yang, Y., Malva, L., Hwang, G. J., Wang, M., Lim, H., & Delev, D. (2021). From Gaming to Computational Thinking: An Adaptive Educational Computer Game-Based Learning Approach. Journal of Educational Computing Research, 59(3), 383–409. https://doi.org/10.1177/0735633120965919

Jamaluddin, A. B., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Gofur, A. (2021). The effect of integrated flipped classroom with local cultural values on character building in higher education. Elementary Education Online, 20(2), 54–66. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.02.11

Kusumasari, D. A., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 131. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.16051

Lodang, H., Dio, A. T., & Daud, F. (2020). The Correlation of Learning Styles with Learning Outcomes of Biology Students SMA Negeri 1 Pangkajene. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM.

Putu Swandewi, N. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP NEGERI 3 DENPASAR. Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1), 53–62.

Rafiska, R., & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 474. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17043

Rhomiy Handican, Ade Putra Hayat, & Mudjiran. (2022). Gaya Belajar Visual : Bagaimana Kesalahannya Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika? Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Rusli, Suwatno, Rasto, & Ilham Muhammad. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Siswa dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar: Analisis pada Tingkat Pendidikan Menengah Atas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 859–870. http://jurnaledukasia.org

Sri Rahma Dewi, & Fadhilla Yusri. (2023). Pemahaman Wali Kelas Tentang Gaya Belajar Siswa. EDUCATUM: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 1–8.

Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Romlie, M. (2020). Implementation of Project-Based Learning Model and Workforce Character Development for the 21st Century in Vocational High School. International Journal of Instruction, 14(1), 181–198. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14111A

Sugiarti, N., & Mulyono. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik Nurlinah Sugiarti Abstrak. Bapala, 9(9), 157–164.

Supit, D., Meiske Maythy Lasut, E., Jerry Tumbel, N., Klabat, U., Airmadidi Bawah, J., & Utara, S. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 05(03), 6994–7003.

Wajdi, M., Jamaluddin, A. Bin, Nurdiyanti, N., & Magfirah, N. (2022). The effectiveness of problem-based learning with environmental-based comic in enhancing students environmental literacy. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1049–1057. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22140


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.