Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK

Hasanah Hasanah(1*), Dya Vitaloca(2), Nahriana Nahriana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitia ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas XI TKJ pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas(WAN) di SMK Negeri 10 Jeneponto, , (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar  peserta didik kelas XI TKJ pada Mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas (WAN) di SMK Negeri 10 Jeneponto,. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs. Populasi pada penelitian ini adalah siswa jurusan TKJ di SMK Negeri 10 Jeneponto tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 168 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ 1 berjumlah 35 orang sebagai sampel kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive karena pengambilan sampel dilakukan dengan melihat beberapa pertimbangan tertentu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif berupa penelitian eksperimen menggunakan metode quasi eksperiment dengan pola nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas atau dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penerapan PBL dalam pembelajaran dan hasil belajar meningkat.

 

Kata Kunci: Model,  Problem Based Learning, berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Afifah, E. P., Wahyudi., & Setiawan, Y. 2019. Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. 4 (1), 97.

Antomi Siregar, Sri Latifah, dan Meisita Sari Op.Cit.h. 239

Anggit Sukmawati . 2020. Meta Analisis Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. TSCJ, Vol 3 No 2, Tahun 2020 p-ISSN: 2615-4692 e-ISSN: 2615-6105

Arfandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zomrani. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aryulina, D. & Riyanto. 2016. A Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan. (1), 50.

Djumingin, S. 2016. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Effendy, M. 2016. Revitalisasi Pendidikan Vokasi. Jakarta: Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1), 96.

Fatmawati, E. T., & Sujatmika, S. 2018. Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika. 2 (2), 165-166.

Gupita, L. L. R. 2016. Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VB Pada Materi Pengukuran Waktu Melalui Pembelajaran Kontekstual SDN Perumnas Condongcatur. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Hake, Richard R, ‗Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender , High-School Physics , and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization‘, In Submitted Tothe Physics Education Research Conference (Boise, ID), 2001, 1–14

Haryati, S. 2017. Belajar Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia

Haryoko, S. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi. 5 (1), 1-10.

Hasanah. 2015. Entrepreneurship: Membangun Jiwa Entrepreneur Anak Melalui Pendidikan Kejuruan. Makassar: CV Misvel Aini Jaya.

Husamah., Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Kemendikbud. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tigkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuning, D. P. R. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal llmiah Guru "COPE". (2), 30.

Mulyasa, H. E. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Novianti, N. R. 2011. Kontribusi Pengelolaan Laboratorium Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ipa. (1), 160.

Nurdyansyah & Fariyarul F,E. 2016. Buku Model Pembelajaran Inovasi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

PSMK. 2016. Grand Design Pengembangan Teaching Factory dan Technopark Di SMK. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Puri, D. T., Suyanto, S., & Aminatur, T. 2016. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konseptual Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas X Sma Negeri 1 Gombong. Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (6), 3-5.

Riyadi, I., P. Prayitno, B., A. & Karyanto, P. 2018. The Effectiveness of Subject Specific Pedagogy Based On Problem-Based Learning To Empower Student’s Ecological Literacy. Jurnal cakrawala pendidikan. (2), 217.

Rizky Febriani Pohan*, Muhammad Rahman Rambe. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Kimia Teknik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UGN Padangsidimpuan Tahun Akademik 2020/2021. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika dan IPA p-ISSN: 2797-6475, e-ISSN: 2797-6467 Volume 2, nomor 1, 2022, hal. 14-25 Doi: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.138

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9 (1), 17.

Sadia, I. W. 2014. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivisme. Singaraja: Graha Ilmu.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. 2018. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siregar Syofiyan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta: Prenada media group.

Sudirman, & Maru, R. 2016. Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methoods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. 2018. Pembelajaran Abad 21 Di SD. 6.

Susanto, Widura. 2008. Mind Mpping Laangkah demi langkah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yasin, H. Salehuddin. 2012. Metode Belajar dan Pembelajaran Yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.