Respon Mahasiswa Jurusan Biologi Terhadap Implementasi Blended Learning

Adnan Adnan(1*), A Rahmat Saleh(2), Evi Ristiana(3), Suhardi Aldi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Lokasi penelitian di Jurusan Biologi FMIPA UNM dengan subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2022 kelas A, B, dan C. Total mahasiswa dalam penelitian ini adalah 92. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yang memiliki skala likert. Jumlah pernyataan didalam angket tersebut yaitu 31. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui platform google form. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa rata-rata berada pada kategori baik. Hal ini menandakan bahwa penggunaan blended learning bersifat baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengimplementasian blended learning memperoleh respon yang baik dan memberi manfaat untuk mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci: Blended learning, Mahasiswa, Biologi

 


Full Text:

PDF

References


Achmad Noor, F., & Djoko Adi, W. (2020). Desain Blended Learning: Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian. Scopindo Media Pustaka.

Adam, S., & Nel, D. (2009). Blended and online learning: Student perceptions and performance. Interact. Technol. Smart Educ. https://doi.org/10.1108/17415650911005366

Adnan, A., Abimanyu, S., Patta, R., & Arsyad, N. (2014). The Improving of Junior High School Student In Learning Motivation Through Implementation Constructivistic Biology Learning Model Based On Information And Communication Technology. Journal of Education and Practice, 5 (2), 63–71.

Adnan, A., Aldi, S., Dzulkarnain, A. F., & Marliyah, S. (2022). Pengaruh e-LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar, Motivasi Belajar, dan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI SMA. Bioeduscience, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.22236/jbes/6310259

Adnan, A., Faisal, F., & Marliyah, S. (2012). Studi Motivasi Siswa SMP dan Sederajat di Kota Makassar pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Jurnal Bionature, 13 (2), 103–107.

Adnan, A., Saenab, S., & Muis, A. (2017). Karakteristik Buku Ajar Elektrik Biologi Dasar Berbasis Konstruktivis (E-Book Biodas). Proceedings of National Seminar.

Aldi, S., Adnan, & Ismail. (2022). Efektivitas e-LKPD Berbasis keterampilan Proses Sains Pada materi Semester I Kelas XI SMA/MA. Bioeduscience, 6 (3), Article 3. https://doi.org/10.22236/jbes/638846

Aldi, S., Adnan, A., Ismail, I., & Dzulqarnain, A. F. (2022). Uji Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada materi SMA/MA Kelas XI Semester I. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1).

Asad, M. M., Hussain, N., Wadho, M., Khand, Z., & Churi, P. P. (2020). Integration of e-learning technologies for interactive teaching and learning process: An empirical study on higher education institutes of Pakistan. Journal of Applied Research in Higher Education.

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning: Studi Efektivitas Pengembangan Konten E-Learning Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tatsqif, 17(1), 104–119.

Bakeer, A. M. (2018). Students’ Attitudes towards Implementing Blended Learning in Teaching English in Higher Education Institutions: A Case of Al-Quds Open University. International Journal of Humanities and Social Science.

Chaubey, A., & Bhattacharya, B. (2015). Learning Management System in Higher Education. International Journal For Science Technology And Engineering.

Dewi, C. A. (2013). Pengaruh blended learning dalam pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar mahasiswa IKIP Mataram pada materi pencemaran lingkungan. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 1 (1), 1–11.

El-Ghalayini, H., & El-Khalili, N. (2012). An approach to designing and evaluating blended courses. Education and Information Technologies, 17 (4), 417–430.

Fitri, S., & Zahari, C. L. (2019). The implementation of blended learning to improve understanding of mathematics. Journal of Physics: Conference Series.

Garrison, D., & Kanuka, H. (2004). Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education. Internet High. Educ.

Guang-ying, C. (2014). An experimental research on blended learning in the development of listening and speaking skills in China. Southern African Linguistics and Applied Language Studies.

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Research Report.

Jeprianto, J., Ubabuddin, U., & Herwani, H. (2021). Penilaian Pengetahuan Penugasan Dalam Pembelajaran di Sekolah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2 (1).

Kim, K.-J., Bonk, C. J., & Teng, Y.-T. (2009). The present state and future trends of blended learning in workplace learning settings across five countries. Asia Pacific Education Review.

Kirwin, S. M., Swan, J., & Breakwell, N. (2009). Comparing Online Learning with Blended Learning in a Teacher Training Program. Journal of the Research Center for Educational Technology.

Maskur Dwiputro, R., Indra, H., & Rosyadi, A. R. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rayah Al-Islam, 5 (2): 247–263.

Muhammad, T. (2017). Perancangan Learning Management System Menggunakan Konsep Computer Supported Collaborative Learning. 1 (1).

Mulatsih, R., Wahyudi, E., & Sumantri, A. S. (2018). Manajemen Kualitas Pelayanan Transportasi Laut Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Bongkar Muat. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 14 (2), 151–160.

Mustafa, P. S., & Hakim, L. (2023). Variasi Penerapan Blended Learning dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 7(3): 403–409.

Myti Sandri. (2021). Pendekatan Pengajaran Bahasa Berbasis Tik Untuk Mahasiswa. Indikator, 1(3). https://doi.org/10.37753/indikator.v1i3.88

Ningsih, S. C., & Sunanti, T. (2021). Pengaruh Blended Learning Sebagai Iovasi Pembelajaran Selama Masa Pendemi Covid-19 terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jmpm: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6 (2): 102–112.

Ollo-López, A., & Aramendia-Muneta, M. E. (2012). ICT impact on competitiveness, innovation and environment. Telematics Informatics.

Omran, E. S., & Salari, Z. (2012). Blended learning a new approach in developing teaching and learning process. Education Strategies in Medical Sciences.

Purjanto, S. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Membuat Ringkasan Teks Yang Dibaca Dengan Pendekatan Pembelajaran Terpadu Siswa Kelas VI SD Ma’arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG). 5 (3): 72–80.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2): 2099–2104.

Rajab, K. D. (2018). The Effectiveness and Potential of E-Learning in War Zones: An Empirical Comparison of Face-to-Face and Online Education in Saudi Arabia. IEEE Access.

Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle Dalam Pembelajaran Online. Information System For Educators And Professionals. Journal of Information System, 1 (2): 221–230.

Ridwan, Nurwiyanta, Sarwoko, & Syariati, A. (2019). Regional Economic Growth in Indonesia, Information and Communication Technology Perspectives. Proceedings of the 2nd International Conference on Applied Science, Engineering and Social Sciences.

Sahni, J. (2019). Does Blended Learning Enhance Student Engagement? Evidence from Higher Education. Journal of E-Learning and Higher Education.

Sandri, M. (2021). Pendekatan Pengajaran Bahasa Berbasis Tik Untuk Mahasiswa. Jurnal Indikator, 1 (3).

Schaber, P., Wilcox, K., Whiteside, A., Marsh, L., & Brooks, D. (2010). Designing Learning Environments to Foster Affective Learning: Comparison of Classroom to Blended Learning. Interactional Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 4 (2).

Sepang, M. Y. L., Patandung, V. P., Rembet, I. Y., & Gareso, F. P. (2022). Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Keperawatan Di Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8 (2): 1399.

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8 (3),

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2 (2).

Simbolon, J. F. (2021). Refleksi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 2 Medan Tp. 2020/2021. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4 (2): 296–301.

Soler, R., Soler, J., & Araya, I. (2017). Diagnosis of Educational Needs for the Implementation of Blended Courses Based on the Blended Learning Model. The Case of the Social Sciences Faculty of the National University of Costa Rica. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Sumardi, D., Suryani, N., & Musadad, A. A. (2021). Website-Based Learning Management System (LMS) as a Tool for Learning in the Covid-19 Pandemic Period for Junior High Schools. Journal of Education Technology. 5 (3).

Tayebinik, M., & Puteh, M. (2013). Blended Learning or E-Learning? Rhetoric Educator: Communication.

Uz, R., & Uzun, A. (2018). The Influence of Blended Learning Environment on Self-Regulated and Self-Directed Learning Skills of Learners. European Journal of Educational Research.

Wai, C. C., & Seng, E. L. K. (2015). Measuring the effectiveness of blended learning environment: A case study in Malaysia. Education and Information Technologies.

Widiara, I. ketut. (2018). Blended Learning sebagai aletrnatif pembelajaran di era digital. Purwadita, 2 (2).

Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring pada Satuan Pendidikan. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1),

Yapici, I. U., & Akbayin, H. (2012). High School Students’ Views on Blended Learning. Turkish Online Journal of Distance Education, 13 (4): 125–139.

Yohanes, Y. T. S., Lukman, D. R. K. S., & Lestari, N. W. R. (2021). Penerapan Pre & Post-Test terhadap Hasil Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Akuntansi UPBJJ UT Mataram. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7 (4): 297.

Zulaikhah, Z. (2018). Gambar Animasi Sebagai Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 4 (1).


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.