Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Menggunakan Tahapan Design Thinking
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini dapat disebut sebagai perancangan berbasis penelitian (design-based research) dengan melihat pemahaman yang kurang jelas tentang konsep Design Thinking terutama pada pembuatan instrumen. Mahasiswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami instrumen penelitian dalam Design Thinking terutama pada tahapan empati. Ketidakpahaman cara mendapatkan empati dapat berpengaruh pada langkah design thinking selanjutnya yaitu pembuatan rancangan produk. Tujuan Penelitian ini untuk merancang instrumen penelitian yang didasarkan pada metode Design Thinking. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara serta studi literatur. Sedangkan prosedur penelitiannya menggunakan design-based research yang dipopulerkan Herrington dengan melalui dua proses yaitu identifikasi masalah dan pengembangan desain awal. Penelitian ini menghasilkan instrumen pengumpulan data yang dapat menjadi penunjang mahasiswa menyelesaikan tugas akhir dan mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah metodologi penelitian terutama mahasiswa yang menggunakan metode Design Thinking
Kata Kunci: perancangan, instrumen penelitian, design thinking, design-based research
Full Text:
PDFReferences
Alshehhi, A., Alnaqbi, K., El Khatib, M., & Aljaberi, M. (2023). Design Thinking Skills for Senior Managers From Business and Technology Perspectives. International Journal of Business Analytics and Security (IJBAS), 3(1). https://doi.org/10.54489/ijbas.v3i1.197
Ardwiansyah, Y., Nugraha, A. T., & Adiarni, N. (2023). Penerapan Metode Business Model Canvas Dan Peta Empati Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Kebab Durian Ucok. Niagawan, 12(2), 118. https://doi.org/10.24114/niaga.v12i2.46470
Baskoro, M. L., & Haq, B. N. (2020). Penerapan Metode Design Thinking Pada Mata Kuliah Desain Pengembangan Produk Pangan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 83–93.
Brown, T. (2008). Design_Thinking_por_Tim_Brown_Septiembre.pdf.
Coleman, E., Shealy, T., Grohs, J., & Godwin, A. (2020). Design thinking among first-year and senior engineering students: A cross-sectional, national study measuring perceived ability. Journal of Engineering Education, 109(1), 72–87. https://doi.org/10.1002/jee.20298
Guy, A. B. (2011). Introduction to Human-Machine Interaction: A Human-Centered Design Approach. Introduction to the Handbook of Human-?‐Machine Interaction, January 2011, 1–20. https://www.researchgate.net/publication/289849041_Introduction_A_human-centered_design_approach
Iskandar, N. A., & Sihombing, R. M. (2022). ANALISIS TIPOGRAFI PADA JUDUL FILM ANIMASI DISNEY GENRE PETUALANGAN TAHUN 2019 – 2021 ( 2022 ) Naura Annisa Iskandar , Riama Maslan Sihombing Institut Teknologi Bandung , Jl . Ganesa No . 10 , Lb Siliwangi , Kecamatan Coblong ,. Jurnal Komunikasi Visual Wimba, 13(1), 61–74.
Nasution, H. F. (2016). INSTRUMEN PENELITIAN DAN URGENSINYA DALAM PENELITIAN KUANTITATIF. Al-Masharif, 4(1), 59–75.
Ozdamli, F., & Ozdal, H. (2018). Developing an instructional design for the design of infographics and the evaluation of infographic usage in teaching based on teacher and student opinions. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4). https://doi.org/10.29333/ejmste/81868
Seeto, D., & Herrington, J. (2006). Design-based research and the learning designer. ASCILITE 2006 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, 2, 741–745.
Tiro, A., & Sukarna, S. (2012). Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Makassar: Andira Publisher. January 2012. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=wiVea3YAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=wiVea3YAAAAJ:IjCSPb-OGe4C
Utama, B. I. (2018). Analisis Model Bisnis Usaha Coffee Shop Melalui Kanvas Model Bisnis dan Peta Empati: Studi Kasus pada Coffee Shop di Malang. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 83–93. https://doi.org/10.31328/jim.v4i2.561
Vallis, C., & Redmond, P. (2021). Introducing design thinking online to large business education courses for twenty-first century learning. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18(6). https://doi.org/10.53761/1.18.6.14
W. Kong et al. (2023). Aesthetics++: Refining Graphic Designs by Exploring Design Principles and Human Preference. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 9(6).
Yogo, T. (2019). How to face “design thinking”: Human-centered problem solving and designer’s attitude to approach. Markets, Globalization & Development Review, 04(02). https://doi.org/10.23860/mgdr-2019-04-02-05
Article Metrics
Abstract view : 93 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.