Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Business English Communication (BEC) Terhadap Pemanfaatan Video Youtube Dalam Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris

Seny Luhriyani(1*), Indrawaty Asfah(2), Lely Novia(3), Abdul Wahid(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan motivasi mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Program Sarjana Terapan mengenai penggunaan video YouTube dalam meningkatkan keterampilan bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pemanfaatan  video YouTube untuk meningkatkan keterampilan bahasa inggris dan untuk mengetahui apakah video YouTube dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil sampel dengan instrumen penelitian kuesioner. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Business English Communication dari angkatan 2020 sampai 2023. Pengumpulan data menggunakan menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis secara kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa menggunakan video YouTube untuk meningkatkan keterampilan bahasa inggris sangat efektif. Dan hasil kuesioner yang terdiri dari 12 item menunjukkan hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan perhitungan nilai rata-rata persepsi mahasiswa yaitu 42.83%  dalam kategori Sangat Setuju dan 49.93% dalam kategori Setuju. Berdasarkan hasil ini, video YouTube dapat menjadi media yang produktif dan efektif dan bermanfaat digunakan sebagai media belajar untuk meningkatkan keterampilan bahasa inggris

 

Kata Kunci: Persepsi, Video YouTube, Keterampilan Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, D., & Reza, M. (2018). The Use of Technology in English Language Learning A Literature Review. International Journal of Research in English Education, 3, 115-125. https://doi.org/10.29252/ijree.3.3.115

Anggraini, A. 2021. Improving Student’s Speaking Skill Using YouTube Video as Media: An Action Research. Scope : Journal of English Language Teaching, 5(2). https://doi.org/10.30998/scope.v5i2.8406

Ariyanto, N., Rochsantiningsih, D., & Pudjobroto, H. 2018. Enhancing Students’ Speaking Skill by Using YouTube Video. English Education, 6(3). https://doi.org/10.20961/eed.v6i3.35883

Eshankulovna, R. A. 2021. Modern Technologies and Mobile Apps in Developing Speaking Skill. Linguistics and Culture Review, 5(S2). https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns2.1809

Jalaluddin, M. (2016). Using YouTube to enhance speaking skills in ESL classroom. English for Specific Purposes World, 17(50), 1-9.

Keterampilan Bahasa Inggris. (2020, Maret 22). Diakses pada Oktober 28, 2023 dari https://hec1pare.com/4-keterampilan-bahasa-inggris

Kristiani, P. E., & Pradnyadewi, D. A. M. 2021. Effectiveness of YouTube as Learning Media in Improving Learners’ Speaking Skills. The Art of Teaching English as a Foreign Language, 2(1). https://doi.org/10.36663/tatefl.v2i1.97

Mahmud, M. (2017). Communicative styles of English students at the State University of Makassar. GEMA Online® Journal of Language Studies, 17(1).

Meinawati, E., Harmoko, D. D., Rahmah, N. A., & Dewi, N.-. 2020. INCREASING ENGLISH SPEAKING SKILLS USING YOUTUBE. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1). https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.1954

Nelson-Smith, Kenyetta Q. 2008. Learning Styles and Students’ Perception of Teachers’ Attitudes and Its Relation to Truancy among African American Students in Secondary Education. Unpublished Dissertation. Louisiana State University.

Rezki. 2022. Perceptions of D4 English Students on The Influence of Instagram Use in English Learning. Skripsi FBS UNM. Makassar.

Rezky, Nur. (2022). The Perception of Business English Communication 2020 Students Toward The Use of Youtube Videos to Improve Speaking Skill. Skripsi FBS UNM. Makassar.

Saiful, J. A. (2019). EFL teachers’ cognition in the use of Youtube Vlog in English language teaching. Journal of Foreign Language Education and Technology, 4(1), 72-91.

Sakkir, G., Dollah, S., & Ahmad, J. 2020. Students’ Perceptions toward Using YouTube in EFL Classrooms. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 1-10.

Shyamlee, S.D., & Phil, M. (2012). Use of Technology in English Language Teaching and Learning: An Analysis. In International Conference on Language, Medias and Culture.

Syafiq, A. N., Rahmawati, A., Anwari, A., & Oktaviana, T. 2021. Increasing Speaking Skill through YouTube Video as English Learning Material during Online Learning in Pandemic Covid-19. Elsya : Journal of English Language Studies, 3(1). https://doi.org/10.31849/elsya.v3i1.6206

Wang, H. C., & Chen, C. W. Y. (2020). Learning English from YouTubers: English L2 learners’ self-regulated language learning on YouTube. Innovation in Language Learning and Teaching, 14(4), 333-346.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.