Kontribusi Hasil Belajar Motor Otomotif Terhadap Kemampuan Mendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor Mahasiswa PTO FT UNM

Syafiuddin Parenrengi(1*), Andi Zulfikar Yusuf(2), Wabdillah Wabdillah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  gambaran hasil belajar pada mata kuliah motor otomotif, kemampuan mendiagnosa kerusakan sepeda motor serta melihat kontribusi hasil belajar pada mata kuliah motor otomotif terhadap kemampuan mendiagnosa kerusakan sepeda motor mahasiswa jurusan PTO FT UNM. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan PTO  FT UNM yang sudah melewati semester  IV yang berjumlah  152 orang. Sampel ditarik secara random proporsional sebesar 110 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan  adalah  dokumentasi dan tes diagnosa kerusakan sepeda motor yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1)  hasil belajar mahasiswa jurusan PTO FT UNM pada mata kuliah Motor Otomotif  termasuk kategori tinggi, (2) kemampuan mendiagnosa  kerusakan sepeda motor mahasiswa jurusan PTO FT UNM termasuk kategori cukup tinggi, (3) ada hubungan yang positif dan sangat kuat sebesar r = 0, 821 antara hasil belajar pada mata kuliah Motor Otomotif  dengan kemampuan mendiagnosa kerusakan pada sepeda motor mahasiswa PTO FT UNM  dan (4) kontribusi  hasil belajar pada mata kuliah  Motor Otomotif  terhadap  kemampuan mendiagnosa kerusakan pada sepeda motor mahasiswa PTO FT UNM  sebesar 67,3%

 

Kata Kunci: Motor otomotif, Diagnosa

Full Text:

PDF

References


Parenrengi, Syafiuddin. Yasdin dan Yusuf, Andi Zufikar (2021). Kontribusi Mata Pelajaran Fisika Terhadap Pengetahuan Teknologi Dasar Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan. Eprints Repository Software Universitas Negeri Makassar.

Subekti, Adi dan Susanto, Arif. 2021. Pengaruh Kemampuan Praktek Mata Kuliah Teknologi Motor Bensin Terhadap Kesiapan Menghadapi Praktek Kerja Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Unversitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, Vol. 1-13.

Stiawan, Nanang. Harlin dan Darlius. 2018. Hubungan Pemahaman Teori dan Kemampuan Praktik Pengelasan 1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNSRI. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 5, No. 2.

Widayana, Gede. Wigraha, Arya dan Artha, Edi A.J. 2023. Analisis Kompetensi Guru Teknik Otomotif Di SMK Dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Kepada Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.20 No.1.

Yahya, Muhammad. 2016. Efektivitas Penggunaan Job Sheet Pada Pembelajaran Praktik Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UN. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15 (1). pp. 30-37.

Yusuf, Andi Zulfikar dan Ali Muhammad T. A. 2020. Evaluasi Bursa Kerja Sekolah Menengah Kejuruan Pada Kompetensi Keahlian Otomotif Di Slemen. Jurnal Media Elektrik Vol.17, No. 2


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.