Kesiapsiagaan Bencana Banjir dalam Pembelajaran (Studi Pada SMA Negeri Labakkang Kabupaten Pangkep)

Syamsu A Kamaruddin(1*), Hasruddin Nur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Sawerigading Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Siswa sekolah menengah perlu diajarkan tentang kesiapsiagaan bencana banjir karena mereka akan menghadapinya setiap tahun. Oleh karena itu, mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi bencana banjir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) implementasi materi kesiapsiagaan bencana pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri Labakkang Kabupaten Pangkep. (2) pengaruh materi kesiapsiagaan bencana terhadap pengetahuan menghadapi bencana banjir siswa SMA Negeri Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Labakkang Kabupaten Pangkep dan sampel penelitian ini berjumlah 90 siswa dengan menggunakan teknik Stratified Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengolahan data menggunakan tabulasi frekuensi dengan analisis persentase. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah (1) Guru mengajarkan materi kesiapsiagaan bencana yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai modal siswa untuk menghadapi bencana banjir yang sering terjadi. (2) siswa menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk menghadapi bencana banjir yang terjadi untuk menolong diri sendiri, keluarga, dan menolong orang lain dari bencana. Kesimpulan dan rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu diajarkan materi kebencanaan di semua jenjang sekolah dengan materi yang dapat mereka gunakan secara praktis ketika bencana banjir terjadi.

 

Kata Kunci: kesiapsiagaan, banjir, siswa SMA, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anriani, H. B., Arifin, A., Halim, H., Zainuddin, R., & Iskandar, A. M. (2019). Bencana Banjir dan Kebijakan Pembangunan Perumahan Di Kota Makassar. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(1), 1–7.

Anriani, H. B., Harifuddin, H., Asmirah, A., & Zainuddin, R. (2023). Banjir, krisis lingkungan dan pembangunan: efek kekuasaan. Konferensi Nasional Sosiologi X APSSI, 1(2), 7–9.

BNPNB, B. (2022). Jumlah kejadian per jenis bencana. Gis. https://gis.bnpb.go.id/

Mas’Ula, N., Siartha, I. P., & Citra, I. P. A. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir Di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 7(3), 103–112.

Mirza, M. N. (2023). Increasing Knowledge, Attitudes, and Behavior on Disaster Preparedness Through Disaster Literacy Counseling for Students of SDN Kaliwungu, Kudus Regency. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(2), 257–268. https://doi.org/10.55927/fjas.v2i2.3137

Pranajati, N. R. (2022). Pendidikan Siaga Bencana melalui Pembelajaran Integratif bagi Siswa SD. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(1), 16–33. https://doi.org/10.32505/azkiya.v7i1.3782

Rahma, D., & Yulianti, F. (2020). Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir di Gampong Cot Bayu Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Geosfer , V(2), 22–31.

Setyaningrum, E. (2009). Modul Ajar Pengintegrasian Pengurangan Resiko Gempa Bumi. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.

Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2005). Metode Penelitian. PT. Andi Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.