Penerapan Model Pembelajaran Hyflex dalam Pembelajaran English For Specific Purposes

Fatimah Hidayahni Amin(1*), Riny Jefri(2), Andi Hajar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran hyflex dalam pembelajaran ESP: English for Hotel and Restaurant, English for Meeting and Negotiation, dan English for Tourism. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sebagai variabel penelitian, pembelajaran hyflex adalah pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah pembelajaran daring melalui sistem Syamok dan sistem pembelajaran luring tatap muka sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran ESP adalah pendekatan pembelajaran yang berbasis pada materi Bahasa Inggris untuk tujuan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran ketiga mata kuliah ini berbasis proyek. Pembelajaran ini berada pada tiga mata kuliah English for Hotel and Restaurant, English for Meeting and Negotiation, dan English for Tourism. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa yang mengampu dan program ketiga mata kuliah tersebut di Program Studi Bahasa Inggris Program Sarjana Terapan Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Sampel diambil secara purposif. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan pertanyaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran hyflex ini meliputi delapan aspek, yaitu pembagian waktu pembelajaran daring dan luring, aksesibilitas, partisipasi kelas, pemahaman materi pembelajaran, arahan/instruksi/timbal balik dosen, penugasan, pelatihan keterampilan berbahasa Inggris, dan evaluasi pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran hyflex, ESP

Full Text:

PDF

References


Almulla, Mohammed Abdullatif. The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. 5 Juli 2020. Sage Journal. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2158244020938702. https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Amin, Fatimah Hidayahni, Jefri, Riny & Luhriyani, Seni. Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Terapan Berbasis Proyek dengan Sistem Hybrid. 2022. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/40950

Amin, Fatimah Hidayahni, Jefri, Riny & Nasta, Mardiyanah. Lecturer and Students’ Perception toward the English Teaching Methodology. 2021. Journal of Literate: English Education Study Program. Volume 02 Nomor 01 Juli 2021. https://journal.uiad.ac.id/index.php/jle/article/view/634

Blumenfeld et al 1991, EDUCATIONAL PSYCHOLOGIST, 26(3&4) 369-398 "Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning." Phyllis C. Blumenfeld, Elliot Soloway, Ronald W. Marx, Joseph S. Krajcik, Mark Guzdial, and Annemarie Palincsar.

Brunton, M. (2009). An account of ESP-with possible future directions. English for Specific Purposes, 3.(24). 1-15.

Castaneda, Ruby Jackeline Pinzon. English Teaching through Project Based Learning Method in Rural Area. Juni 2014. Cuadernos de Linguistica Hispanica. ISSN 0121-053X. http://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-053X2014000100009

Gilbert, Brittany. Online Learning Revealing the Benefits and Challenges. (Thesis). 2015. "Online Learning Revealing the Benefits and Challenges" by Brittany Gilbert (sjf.edu)

Kohnke, Lucas & Moorhouse, Benjamin Luke. Adopting HyFlex in higher education in response to COVID-19: students’ perspectives. 2021. OPEN LEARNING: THE JOURNAL OF OPEN, DISTANCE AND E-LEARNING. VOL. 36, NO. 3, 231–244 https://doi.org/10.1080/02680513.2021.1906641

Liang, Rose & Chen, Der-Thanq Victor. Online Learning: Trends, Potential and Challenges. 2012. Scientific Research: Vol.3, No.8, 1332-1335. http://dx.doi.org/10.4236/ce.2012.38195

Simpson, Jantima. Integrating Project-Based Learning in an English Language Tourism Classroom in a Thai University (Thesis). 2011. Https://Acuresearchbank.Acu.Edu.Au/Item/8889y/Integrating-Project-Based-Learning-In-An-English-Language-Tourism-Classroom-In-A-Thai-University.

Sukerti, G N Ayu & Yuliantini, Ny. Learning Autonomy in Writing Class: Implementation of Project-Based Learning in English for Specific Purposes. 2018. Journal of Physics: Conference Series, Volume 953. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/953/1/012101/meta

Tsai, A. (2011). A Hybrid, E-Learning Model Incorporating Some of The Principal Learning Theories.


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.