Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Mantasia Mantasia(1*), Tasri Ponta(2), Fitrah Asma Darmawan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM; (2) mengetahui seberapa besar motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM; (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan jenis penelitian survei. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 36 orang mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah technopreneurship pada Program Studi Teknik Elektronika Terapan (D4). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase berupa regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: satu, penerapan model Problem Based Learning berada pada kategori sangat baik dengan nilai rerata sebesar 90%; dua,  motivasi berwirausaha yang dimiiki mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM berada dalam kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 85%; tiga,  model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi berwirausaha sebesar 80%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM.

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bailhaqi, I. & Nurif, M. 2015. Technopreneurship. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Daryanto dan Rahardjo, M. 2017. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Drucker, P. F. 2006. Innovation and Entrepreneurship. New York: Harper Busines.

Fathurrohman, M. 2016. Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Gunawan, B. Relmasira, S.C. & Hardini, A. T. A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta didik Kelas V SD. Journal of Teaching In Elementary Education, 2(1), 32-45.

Indayani, S & Hartono, B. 2020. Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 201-208.

Ishak, Khodijah. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran dan Inflikasinya Terhadap Indek Pembangunan di Indonesia. Jurnal STIE Syariah Bengkalis Open Journal System (OJS), 22-38.

Martono, Nanang. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Sekunder Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Natty, R.A., Kristin, F. & Anugraheni, I. 2019. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu, 3(4), 1082-1092.

Saefudin, A & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.

Suryana. 2017. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.

Utami, T. Kristin, F. & Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan. 2(6). 541-552.

Widiasworo, E. 2016. Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di luar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.