Profil Berpikir Konseptual Mahasiswa yang Memiliki Gaya Belajar Visual dalam Memecahkan Masalah Matematika
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan profil berpikir konseptual mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika. Subjek penelitian adalah satu orang mahasiswa matematika yang memiliki gaya belajar visual. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tugas pemecahan masalah dan wawancara mendalam berbasis tugas. Keabsahan data dilakukan melalui mengamatan secara terus menerus, triangulasi waktu, dan member chek. Analisisi data melalui beberapa tahapan, yaitu kategorisasi data, reduksi data, penyajian data, penafsiran data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual memahami masalah dengan cara menggambar situasi masalah. Sangat sulit ia pahami jika hanya membayangkan tanpa ada gambar. Berdasarkan gambar yang merupakan representasi dari situasi masalah, ia mencoba mengaitkan konsep-konsep yang memiliki kaitan. Berdasarkan kaitan antar konsep, ia membangun suatu penyelesaian masalah, sehingga pemecahan masalah yang ia lakukan sangat jelas dan terarah.
Kata Kunci: berpikir konseptual, gaya belajar visual, masalah matematika
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin. (2012). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender (Disertasi doktoral tidak dipublikasikan). Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia
Arslan, S. (2010). Traditional instruction of differential equations and conceptual learning. Journal Teaching Mathematics and Its Applications. 29, 94-107
Engelbrecht, J., Bergsten, C., & Kagesten, O. (2009). Undergraduate students’ preference for procedural to conceptual solutions to mathematical problems. International journal of mathematical education in science and technology, 40(7), 927-940.
Glass, A. L., & Holyoak, K. J. (1986). Cognition (2nd ed). Singapore: McGraw-Hill Book Company
Hejny, M., Jirotkova, D., & Kratochvilova, J. (2006). Early Conceptual Thinking. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 289-296). Prague, Prague:PME
Iannone, P., & Cockburn, A. D. (2006) Fostering Conceptual Mathematical Thinking In The Early Years: A Case Study. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 329-336). Prague, Prague:PME
Iannone, P., & Cockburn, A. D. (2008). If You Can Count to Ten You Can Count to Infinity Really: Fostering Conceptual Mathematical Thinking in the First Year of Primary School. Journal Research in Mathematics Education, 10(1), 37-51
Johnson, P. A., & Rising, G. E. (1972). Guidelines for Teaching Mathematics. California: Wadsworth Publishing Company, Inc
Lybby, W. (1922). Conceptual Thinking. Jstor. 15(5), 435-442
Nottingham. (2015, Desember 14). Conceptual and Strategic Thinking. Diperoleh dari http://www.nottingham.ac.uk/hr/guidesandsupport/ performanceatwork/ pdpr/pdpr-behavioural-competencyguide/thinking -and-innovation/ concep tual-and-strategic-thinking.aspx
Polya, G. (1973). How to Solve It. (2nd ed). Princeton, NJ: Princeton University Press
Rodney, L. C., Brigitte, G. V., & Barry, N. B. (2001). An Assessment Model for a Design Approach to Technological Problem Solving. Journal of Technology Education, 12(2)
Singapore Armed Forces (SAF). (2010, Juli 23). Conceptual Thinking. Diperoleh dari http://www.mindef.gov.sg/imindef/mindef websites/ atozlistings/ saftimi/units/cld/keyi deas/lcm/conceptual.html
Skemp, R. R. (1987). The Psykology of Learning Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum associates, Inc.
Ubaedy, AN. (2008). Berkarier di Era Global. Jakarta: PT Gramedia
Voutsina, C. (2012). Procedural and conceptual changes in young children’s problem solving. Educational Studies in Mathematics, 79(2), 193-214.
Zubaidah, T. (2000). Proses Berpikir Keruangan Siswa Kls I SMP Negeri 32 Surabaya (Tesis master tidak dipublikasikan). PPs Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia
Article Metrics
Abstract view : 32 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.