Profil Berpikir Konseptual Mahasiswa yang Memiliki Gaya Belajar Visual dalam Memecahkan Masalah Matematika

Hamda Hamda(1*), Suradi Suradi(2), Sabri Sabri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan profil berpikir konseptual mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika. Subjek penelitian adalah satu orang mahasiswa matematika yang memiliki gaya belajar visual. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tugas pemecahan masalah dan wawancara mendalam berbasis tugas. Keabsahan data dilakukan melalui mengamatan secara terus menerus, triangulasi waktu, dan member chek. Analisisi data melalui beberapa tahapan, yaitu kategorisasi data, reduksi data, penyajian data, penafsiran data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual memahami masalah dengan cara menggambar situasi masalah. Sangat sulit ia pahami jika hanya membayangkan tanpa ada gambar. Berdasarkan gambar yang merupakan representasi dari situasi masalah, ia mencoba mengaitkan konsep-konsep yang memiliki kaitan. Berdasarkan kaitan antar konsep, ia membangun suatu penyelesaian masalah, sehingga pemecahan masalah yang ia lakukan sangat jelas dan terarah.

 

Kata Kunci: berpikir konseptual, gaya belajar visual, masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Alimuddin. (2012). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender (Disertasi doktoral tidak dipublikasikan). Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia

Arslan, S. (2010). Traditional instruction of differential equations and conceptual learning. Journal Teaching Mathematics and Its Applications. 29, 94-107

Engelbrecht, J., Bergsten, C., & Kagesten, O. (2009). Undergraduate students’ preference for procedural to conceptual solutions to mathematical problems. International journal of mathematical education in science and technology, 40(7), 927-940.

Glass, A. L., & Holyoak, K. J. (1986). Cognition (2nd ed). Singapore: McGraw-Hill Book Company

Hejny, M., Jirotkova, D., & Kratochvilova, J. (2006). Early Conceptual Thinking. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 289-296). Prague, Prague:PME

Iannone, P., & Cockburn, A. D. (2006) Fostering Conceptual Mathematical Thinking In The Early Years: A Case Study. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 329-336). Prague, Prague:PME

Iannone, P., & Cockburn, A. D. (2008). If You Can Count to Ten You Can Count to Infinity Really: Fostering Conceptual Mathematical Thinking in the First Year of Primary School. Journal Research in Mathematics Education, 10(1), 37-51

Johnson, P. A., & Rising, G. E. (1972). Guidelines for Teaching Mathematics. California: Wadsworth Publishing Company, Inc

Lybby, W. (1922). Conceptual Thinking. Jstor. 15(5), 435-442

Nottingham. (2015, Desember 14). Conceptual and Strategic Thinking. Diperoleh dari http://www.nottingham.ac.uk/hr/guidesandsupport/ performanceatwork/ pdpr/pdpr-behavioural-competencyguide/thinking -and-innovation/ concep tual-and-strategic-thinking.aspx

Polya, G. (1973). How to Solve It. (2nd ed). Princeton, NJ: Princeton University Press

Rodney, L. C., Brigitte, G. V., & Barry, N. B. (2001). An Assessment Model for a Design Approach to Technological Problem Solving. Journal of Technology Education, 12(2)

Singapore Armed Forces (SAF). (2010, Juli 23). Conceptual Thinking. Diperoleh dari http://www.mindef.gov.sg/imindef/mindef websites/ atozlistings/ saftimi/units/cld/keyi deas/lcm/conceptual.html

Skemp, R. R. (1987). The Psykology of Learning Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum associates, Inc.

Ubaedy, AN. (2008). Berkarier di Era Global. Jakarta: PT Gramedia

Voutsina, C. (2012). Procedural and conceptual changes in young children’s problem solving. Educational Studies in Mathematics, 79(2), 193-214.

Zubaidah, T. (2000). Proses Berpikir Keruangan Siswa Kls I SMP Negeri 32 Surabaya (Tesis master tidak dipublikasikan). PPs Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.