Penerapan Model Cooperative Learning (CL) Dengan Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca dan Memahami Teks Informasi Siswa Kelas IV SDN 228 Pinrang

Hasnah Hasnah(1*), Abdul Halik(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kesenjangan pembelajaran semakin menjadi sorotan Pendidikan Indonesia selama dan setelah pandemi Covid-19. Keterampilan membaca siswa di Sekolah Dasar khususnya menjadi sorotan utama, terutama tergambar pada laporan PISA 2018 dan program INOVASI 2020. Di sisi lain, strategi pembelajaran melalui model dan/atau belajar yang tepat menjadi rekomendasi untuk menciptakan proses dan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga dapat berpengaruh pula pada hasil belajar siswa. Adapun fokus penelitian ini, keterampilan siswa Kelas IV UPT SDN 228 Pinrang dalam membaca dan memahami teks informasi. Penelitian ini kemudian menggunakan penelitian tindakan kelas untuk menganalisis fokus penelitian dengan penerapan model Cooperative Learning (CL) dengan metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R). Alur penelitiannya dimulai dengan penyelidikan, yang dilanjutkan ke Siklus I melalui perencanaan, penetapan rencana, pemberian tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan dokumentasi. Kumpulan data penelitian dianalisis melalui pengorganisasian, pentranskripsian, pengkodean data untuk disajikan dan diinterpretasikan sebagai simpulan data penelitian. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa interaksi guru dan partisipasi siswa serta keterampilan siswa dalam membaca dan memahami teks informasi semakin meningkat melalui penerapan model CL dengan metode SQ4R. Dengan demikian, penerapan model CL dengan metode SQ4R lebih dapat meningkatkan keterampilan siswa Kelas V UPT SDN 228 Pinrang dalam membaca dan memahami teks informasi.

 

Kata Kunci: model CL, metode SQ4R, pembelajaran, membaca

Full Text:

PDF

References


Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M.S. (2021). Pengaruh strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), 18-27. https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1284

Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (5th ed.). Pearson

Cox, C. (1999). Teaching Language arts: A Student and Response-Centered Classroom. Allyn and Bacon.

Dalman. (2017). Keterampilan membaca (Cetakan Ketiga). Rajagrafindo Persada.

Innovation of Indonesia’s School Children. (2020, Juni). Literacy: Emerging Evidence from INOVASI on Effective Practice in Early Grades Literacy. INOVASI.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan cooperative learning. Kagan Publishing.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Nurjannah, Halik, A., & Ilmi, N. (2022). Pengaruh Metode Belajar Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 12 Parepare. Seminar Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2022. Universitas Negeri Makassar.

Rukaya, Slamet, St.Y., & Andayani. (2018). The Implementation of Cooperative Learning Approach with Multimedia for Children’s Literature Learning at Elementary School in the Characters Building Perspective. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(1), 97-106. https://jurnal.uns.ac.id/ijpte/article/view/15798/19336

Robinson, F.P. (1961). Effective study (revised edition). Harper & Row

Sari, N.A.D., Syamsuri, A.S., & Arif, T.A. (2020). Pengaruh metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) terhadap membaca pemahaman siswa Kelas V SD Inpres Tetebatu Kabupaten Gowa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 16-21. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.11769

Slavin, R.M. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (N. Yusron, Penerjemah). Nusa Media.

Slavin, R.E. (2018). Education Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson.

Sudiati. (2019). Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul 4 Keterampilan Berbahasa Reseptif. Kemendikbud.

OECD. (2019). Country Note: Indonesia. PISA 2018 Results.

Tilaar, H.A.R. (2012). Kaleidoskop pendidikan nasional. Kompas Media Nusantara.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.