Persepsi, Kesadaran dan Intensi Mahasiswa Teknik Sipil dalam Pemanfaatan Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Nurlita Pertiwi(1*), Mithen Mithen(2), Erna Suryani Sahabuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Artikel ini menguraikan gambaran persepsi, minat dan kesadaran mahasiswa program studi teknik sipil dalam pemanfaatan bahan bangunan ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang melibatkan 165 mahasiswa program studi teknik sipil pada beberapa universitas di Kota Makassar yang telah melalui pendidikan lima semester. Penyebaran instrumen melalui google form. Pengukuran persepsi dilakukkan dengan isntrumen test dengan skala 0 dan 1 untuk menemukan kategori indikator pressure, state dan respons. Sedangkan variabel minat dan kesadaran mahasiswa diperolah dari hasil jawaban kuesioner dengan kategori nilai 1–5.  Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minatnya memanfaatkan bahan bangunan ramah lingkungan.

 

Kata Kunci: Persepsi, kesadaran, bahan bangunan

Full Text:

PDF

References


Adha, T. H., & Irwan, I. (2021). Kerusakan Lingkungan Akibat Pembangunan Infrastruktur. Serupa The Journal of Art Education, 10(2), 157–168.

Duroy, Q. M. (2005). The determinants of environmental awareness and behavior. Journal of Environment and Development, 501, 1–26.

Fergusson, H., & Langford, D. A. (2006). Strategies for managing environmental issues in construction organizations. Engineering, Construction and Architectural Management, 13(2), 171–185.

Rosana, M. (2018). Kebijakan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan di Indonesia. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1).

Schiefele, U. (1991). Interest, learning, and motivation. Educational Psychologist, 26(3–4), 299–323.

Sekovski, I., Newton, A., & Dennison, W. C. (2012). Megacities in the coastal zone: Using a driver-pressure-state-impact-response framework to address complex environmental problems. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 96, 48–59.

Siagian, I. S. (2005). Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.