Strategi Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah menemukan strategi percepatan implementasi Kurikulum Merdeka (KM) di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat dengan menganalisis situasi saat ini yang dihadapi sekolah di daerah tersebut. Sumber data penelitian ini adalah guru sebanyak 34 orang di Sekolah Dasar (SD), 2 orang di Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 14 orang di Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebanyak 16 orang responden bertugas di sekolah yang menerapkan KM dan 34 orang bertugas di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan google form dan data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah belum mengoptimalkan peran satuan tugas KM, imprastruktur pembelajaran untuk KM belum memadai, guru umumnya belum memahami secara penuh konsep KM sehingga berdampak pada kesulitan guru merefleksi pembelajaran dengan KM secara berkelanjutan. Disimpulkan bahwa percepatan implementasi KM di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat dapat dilakukan dengan pembenahan menajemen internal sekolah melalui pelibatan guru dalam workshop dan pelatihan serta optimalisasi peran masing-masing dalam mengimplementasikan KM.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Implementasi Kurikulum, Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
Capelo, A., Cabrita, I., & Lucas, M. (2015). Crossing Boundaries: Teacher Trainers and Science Curriculum Implementation in East Timor. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 238–247. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.133
Dang, H. T. T., Bui, D. T., Vuong, Q. A., Phan, H. G. T., Nguyen, C. T., & Pham, B. D. T. (2023). Teachers’ perspectives on the implementation of the new national curriculum - Dataset from Vietnam. Data in Brief, 49, 109451. https://doi.org/10.1016/j.dib.2023.109451
Early, Diane M., Rogge, Ronald D. Deci, Edward L., 2014, Engagement, Alignment, and Rigor as Vital Signs of High-Quality Instruction: A Classroom Visit Protocol for Instructional Improvement and Research, The High School Journal – Summer 2014, (219-239).
Khoirurrijal, dkk., 2022. Pengembangan KurikulumMerdeka, Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Maman, Mayong, Ramly R, & Muhammad Nur Ashar Asnur, Teachers’ 2023, Perceptions in the Implementation of Text-Based Learning in Indonesian Secondary Education, International Journal of Language Education 7(1) 13-25.
Mustofa, M., & Mariati, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.47679/ib.2023371
Oeschger, T. P., Makarova, E., & Döring, A. K. (2022). Values in the school curriculum from teachers’ perspective: A mixed-methods study. International Journal of Educational Research Open, 3(July). https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100190
Permendikbud No. 16 Tahun 2022. Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.