Pengaruh Olahraga Ringan Jalan Kaki Terhadap Kualitas Tidur Masyarakat Kota Makassar Tahun 2023

Wahyuddin Wahyuddin(1*), A Ulfiana Fitri(2), Meliana Handayani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. World Health Organization (WHO) mencatat pada tahun 2021 kurang lebih 18% penduduk dunia pernah mengalami gangguan sulit tidur. Diperkirakan terdapat 1 dari 3 orang mengalami insomnia atau kesulitan tidur menunjukan nilai yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan penyakit lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh olahraga ringan jalan kaki terhadap kualitas tidur masyarakat Kota Makassar tahun 2023. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional analitik dengan desain cross sectional study. Penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 399 responden. Analisis univariat digunakan untuk menganalisis karakteristik responden yang meliputi jenis kelamin, umur, status dan kondisi kesehatan yang dirasakan. Selain itu, analisis univariat juga dilakukan pada setiap variabel yaitu olahraga ringan jalan kaki dan indikator kualitas tidur. Analisis bivariat digunakan untuk menganalisis pengaruh olahraga jalan kaki dan kualitas tidur masyarakat di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukan bahwa berjalan kaki di bawah 30 menit cenderung lebih berisiko memiliki kualitas tidur yang buruk dibandingkan dengan responden yang berjalan kaki di atas 30 menit sebesar 0,518 kali.

 

Kata Kunci: Olahraga ringan, jalan kaki, kualitas tidur.

Full Text:

PDF

References


Amelia, W., Andika, M., & Yulanda, D. (2020). Pengaruh Latihan Jalan Kaki Terhadap Kualitas Tidur Pada Pasien Kanker Payudara Yang Menjalani Kemoterapi Di Rsup Dr. M Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 3(1), Page16-27.

Chokroverty, S. (2010). Overview of sleep & sleep disorders. In Indian J Med Res (Vol. 131).

Fitria, A., & Aisyah, S. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kualitas Tidur Pada Lanjut Usia Di Desa Babah Dua. Jurnal Gentle Birth, 3(1), 1-11.

Khasanah, K., & Hidayati, W. (2012). Kualitas Tidur Lansia Balai Rehabilitasi Sosial “MANDIRI” Semarang. JURNAL NURSING STUDIES, 1(1), 189–196.

Kumar, V. M. (2008a). Sleep and sleep disorders The effects of maternal sleep deprivation on cognition in the offspring in an animal model View project. https://www.researchgate.net/publication/5241469

Kumar, V. M. (2008b). Sleep and sleep disorders The effects of maternal sleep deprivation on cognition in the offspring in an animal model View project. https://www.researchgate.net/publication/5241469

Safaringga, E., & Herpandika, R. P. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEBUGARAN JASMANI DENGAN KUALITAS TIDUR. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2).

Safei, I., Basri, R. P. L., & Rachman, M. E. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Pola Tidur pada Usia Lanjut. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran, 3(1), 1-11.

Supriadi, D., Santoso, M. B., & Supriantini, N. P. (2023). Penatalaksanaan kualitas tidur pada lansia dengan melakukan aktivitas olahraga jalan kaki. Holistik Jurnal Kesehatan, 17(4), 294-303.


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.