Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNM pada Perkuliahan Statistika Pendidikan

Muhammad Danial(1*), Taty Sulastri(2), Wahidah Sanusi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah tumbuhkembangnya perilaku kemandirian belajar mahasiswa jurusan kimia melalui penerapan model pembelajaran direct instrution dengan sistem pembelajaran daring (on-line) pada matakuliah Statistika Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap: 1) penyiapan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian/pengumpul data, 2) pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model Direct Instruction dengan sistem daring, 3) pengumpulan data, dan 4) mengolah dan menganalisis data. Subjek penelitian ini adalah  mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNM Program Studi Pendidikan Kimia tahun akademik 2020/2021. Objek penelitian ini adalah kemandirian belajar dan respon mahasiswa atas penerapan model pembelajaran direct instruction dengan sistem daring pada perkuliahan Statistika Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kemandirian belajar mahasiswa sebesar 3,67 dengan kategori tinggi. Aspek kemandirian belajar ini mencakup perilaku tanggung jawab dengan kategori tinggi, bebas dengan kategori sedang, aktif dengan kategori tinggi, percaya diri dengan kategori sedang, dan perilaku inisiatif dengan kategori tinggi. Selanjutnya, respon mahasiswa atas penggunaan model direct instruction dalam pembelajaran statistika pendidikan dengan sistem pembelajaran daring sebesar 3,62 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction dengan sistem pembelajaran pada perkuliahan statistika pendidikan dapat menumbuhkembangkan kemandirian belajar mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNM dengan kategori tinggi dan mendapat respon positif.

 

Kata Kunci: kemandirian belajar, direct instruction, on-line

Full Text:

PDF

References


Ary, Donal.et al. (1982). Pengantar Penelitian Pendidikan. Usaha Nasional

Danial, Muhammad. et al. (2018). Kemandirian Belajar dan Respon Mahasiswa PPs UNM pada Pembelajaran Berbasis Investigasi pada matakuliah Landasan Pembelajaran Kimia. Laporan Peneltian UNM.

Danial, Muhammad. et al. (2019). Critical Thinking Skills and Students Learning Independence of Chemistry Department Undergraduate Program in Lectures of Chemistry Education Seminar Through Critical Analtsis Technique. Journal of Physic IOP Conference series:1317012151

Danial, Muhammad. et al. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berbasis V-Makes Pada Materi Senyawa Hidrokarbon. Laporan Peneltian UNM.

Danial, Muhammad. et al. (2021). Kemandirian Belajar dan Respon Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNM pada Perkuliahan Mikrobiologi Industri dengan Sistem Pembelajaran Daring. Laporan Peneltian UNM

Danial, Muhammad.et al. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Investigasi dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Metakognisi, dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun 2 UNM.

https://safnowandi.wordpress.com/2012/03/21/model-pengajaran-langsung/.

Mahmudi, A. et al. (2005). The Implementation of Constructivism in Mathematics Instruction. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya & Excange Experience of IMSTEP 5-6 September 2005. FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas.

Safnowandi. (2012). Model pengajaran langsung (Direct Instruction).

Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan: teori dan praktik. Edisi kedelapan Jilid 1. PT Indeks.

Subana. (2000). Statistik Pendidikan. Pustaka Setia.

Sugiono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta CV.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suparman, Atmo. (1997). Desain Pembelajaran. PAU-PPAI.

Suratno, A. (2005). Internet dan Kemandirian Belajar. UKS.

Syafni, Ermayulis. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.