Penyusunan Instrumen Tes Kecepatan Pukulan dalam Olahraga Karate Berbasis Digital

Rahyuddin Jide Same(1*), P.I.S. Samad(2), Ahmad Risal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini mendekati pemahaman dan pengukuran kecepatan pukulan dalam seni beladiri karate dengan fokus pada deteksi gerakan tangan dan posisi badan yang benar. Beladiri adalah sebuah disiplin yang melibatkan fisik dan teknik pukulan untuk melindungi diri dari potensi ancaman fisik. Kecepatan merupakan komponen penting dalam seni beladiri, memungkinkan seorang karateka untuk merespons dengan cepat terhadap situasi dan melancarkan serangan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi dan mengukur kecepatan pukulan karateka, serta memastikan bahwa gerakan pukulan yang dilakukan sesuai dengan aturan karate. Dengan menggunakan teknologi elektronika, penelitian ini mengembangkan alat yang mampu merekam dan menampilkan kecepatan pukulan dan posisi tangan secara real-time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ini mampu mengukur kecepatan pukulan dengan akurat, mulai dari posisi awal tangan hingga kembali ke posisi semula. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai tes objektif dalam seleksi atlet karate, sebagai panduan untuk melatih kecepatan pukulan dan ketepatan gerakan pukulan, serta sebagai evaluasi hasil latihan karateka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan manfaat bagi pelatih dan atlet karate dalam meningkatkan kinerja dan memahami aspek penting kecepatan dalam seni beladiri. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap penggunaan teknologi elektronika dalam olahraga dan seleksi atlet

 

Kata Kunci: pukulan, karate, kecepatan, data, realtime

Full Text:

PDF

References


Aufan, R. & Ratih, P., H. (2018). Pengembangan Produk Alat Pengukur Kekuatan Pukulan Manual Pada Cabang Pencak Silat. Jurnal Unimed.

Isyunanto, A. (2014). Konstruksi Sosial Perempuan dalam Mengikuti Bela Diri. Universitas Airlangga.

Monalisa. (2014). Hubungan Reaksi Tangan dan Power Lengan dengan Kemampuan Pukulan Gyakusuki Cabang Olahraga Karate. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Notosoejitno. (1989). Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat. PB IPSI.

P. H. Purba. (2016). Upaya Meningkatkan Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan Melalui Bentuk Latihan Variation of Body Drops pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Karate SMA Swasta Kristen Immanuel Medan. Wahana Didaktika, 14(3), 1–13.

Rahyuddin J.S, Ahmad R.B, Amri R, A. M. (2022). Pengaruh Latihan Gyaku Tzuki Berbeban Latex Power Band Rox Terhadap Peningkatan Kecepatan Pukulan Pada Atlet Karate INKANAS Sulawesi Selatan. Semnas Hasil Penelitian LP2M UNM.

Rahyuddin J.S. (2021). Pengaruh Latihan Memukul Beban Karet terhdapa Kecepata Pukulan Dalam Karate (Survey dalam Pembelajaran Mata Kuliah Karate). Jurnal Publikan UNM, 11(2).

Suharjana. (2012). Diktat Kuliah (Kebugaran Jasmani). Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriatin. (2017). Hubungan Antara Kecepatan Reaksi dengan Frekuensi Pukulan Lurus pada Olahraga Karate Ranting Lemkari Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur, Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekrea. Universitas Halu Oleo, Kendari.

Suryadi. (2002). Tae Kwon Do Poomsae Tae Geuk. Gramedia Pustaka Utama.

Tirtawirya, D. (2006). Metode Melatih Fisik Taekwondo. UNY.

W. M. Utomo, F. Y. W. (2017). Hubungan Antaran Kekuatan Otot Tungkai, Perut dan Lengan Terhadap Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki (Study pada Mahasiswa Putra UKM Karate Universitas Negeri Surabaya). Universitas Negeri Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.