Analisis Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka

Rosmalah Rosmalah(1*), Asriadi Asriadi(2), Mujahidah Mujahidah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka pada SD ini merupakan upaya transformasi sistem pendidikan ke arah yang lebih baik dan menjadikan SD berada pada jalur pencapaian tujuan dan target yang sesuai. Melalui kurikulum merdeka satuan pendidikan dan guru memiliki keleluasaan dalam merancang kurikulum operasional sekolah dan modul ajar untuk memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kompetensi peserta didik, untuk itu diperlukan peran kepala sekolah dalam mengelola seluruh sumber daya agar implementasi kurikulum berjalan sesuai dengan prinsip. Penelitian ini akan focus mengkaji manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka di SD yang meliputi langkah-langkah perencanaan kurikulum merdeka, tantangan penerapan kurikulum merdeka, dan strategi menerapkan kurikulum merdeka secara efektif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Adapun informan penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan pengawas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Untuk menguji keabsahan data maka dilakukan 1) perpanjangan pengamatan, 2) peningkatan ketekunan dalam penelitian, 3) triangulasi, 4) analisis kasus negatif, dan 5) member chek.

 

Kata Kunci: Manajemen kepemimpinan, kepala sekolah, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anwar, A., Sukino, S., & Erwin, E. (2022). KOMPARASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN K-13DI SMA ABDUSSALAM. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1), Article 1.

Bakhruddin, M. (2021). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBERDAYAKAN TENAGA PENDIDIK. Education, Learning, and Islamic Journal, 3(2), Article 2.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), Article 12.

Bs, I. A., Susanti, H., & Fadriati, F. (2023). Kesiapan Sekolah terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMPN 5 Padang Panjang). ISLAMIKA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2447

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175

Jamjemah, J., Djudin, T., Erlina, E., & Hartoyo, A. (2022). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN. 47 PENANJUNG SEKADAU. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1722

Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). TRANSFORMASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MERDEKA BELAJAR. Research and Development Journal of Education, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072

Nurwiatin, N. (2022). PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KESIAPAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537

Pendaftaran Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024. (n.d.). ditpsd.kemdikbud.go.id. Retrieved March 2, 2023, from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pendaftaran-kurikulum-merdeka-secara-mandiri-tahun-ajaran-20232024

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), Article 02. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Puspita, A., Suryani, N., Yuni, A. S., & Khairunnisa, S. H. A. (2022). Penerapan Change Management untuk Penguasaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9051

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Sasmita, E., & Darmansyah, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Sururi, S., Hartini, N., & Munipah -. (2020). KINERJA KEPALA SEKOLAH DI SD UNTUK MEWUJUDKAN “MERDEKA BELAJAR.” PEDAGOGIA, 18(3), Article 3. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i3.29124

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485

Susanti, H., Fadriati, F., & B.s, I. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. ALSYS, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Syifa Muthmainnah, 219430268. (2022). Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di SD Emirattes Islamic School Bintaro Pesanggrahan dan SDI Al-Azhar 5 Kemandoran Jakarta Selatan. http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1688

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Media Nusa Creative.

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), Article 2.


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.