Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran PKN untuk Meningkatkan Hasil Belajar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) STKIP YPUP Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Muhammadiyah Enrekang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran PKN. Tujuan penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran PKN untuk meningkatkan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan hasil belajar mahasiswa semester 1. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa semester 1 yang berjumlah 1 orang dosen dan 25 orang siswa, dengan rincian 20 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan tindakan siklus I dosen sudah mampu melaksanakan pembelajaran dengan enam langkah metode STAD dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari 25 orang siswa hanya 5 orang siswa yang belum mencapai nilai standar yang telah ditetapkan. Nilai rata-rata kelas mencapai 78,2 dengan ketuntasan belajar 86,6% sedangkan ketidaktuntasan 13,3%.
Kata Kunci: Kooperatif, Hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Suharjono. Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen pendidikan nasional tahun 2003
Erikson. 2001. Childhood And Society.
Hamalik, Umar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press
Jouhar, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Juliardi, Budi. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Rajawali Press
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama
Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman. 2010. Model pembelajaran. Jakarta: alfabeta
Article Metrics
Abstract view : 25 times | PDF view : 34 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.