Penggunaan Laboratorium Bahasa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jerman Mahasiswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penggunaan media laboratorium bahasa di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman seharusnya telah memberikan dukungan yang berarti bagi dosen dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hal ini menjadi motivasi penulis untuk melakukan penelitian guna mengukur efektivitas penggunaan laboratorium bahasa dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menerapkan metode survei untuk melihat bagaimana media laboratorium bahasa digunakan untuk mengajar mahasiswa bahasa Jerman.Teknik Pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi, wawacara dan angket. Minat belajar siswa dalam mempelajari bahasa Jerman dengan menggunakan media laboratorium bahasa sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil tabulasi angket di mana 9 dari 12 siswa, atau sekitar 75%, menyatakan minat mereka dalam belajar bahasa Jerman melalui penggunaan laboratorium bahasa. Sementara itu, 4 siswa lainnya, atau sekitar 25%, mengungkapkan bahwa minat mereka terhadap penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa Jerman kurang tinggi. Pengajaran bahasa jerman di kelas A program studi pendidikan bahasa jerman fakultas bahasa dan sastra universitas negeri makassar sangatlah efektif dan efisien. Program ini memberikan perhatian sepenuhnya kepada siswa sehingga mereka menguasai bahasa jerman dengan baik, bahkan ada beberapa siswa yang sangat mahir. Selain didukung oleh motivasi dari dosen, siswa juga didorong oleh orang tua mereka untuk menguasai dan menggunakan bahasa Jerman dengan baik.
Kata Kunci: laboratorium bahasa, media pembelajaran, hasil belajar mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Arsyad Azhar, Prof. Dr. M.A., Media Pembelajaran, (Jakarta: P.T. Raja Grafindo
Persada, 2005).
Asyrofi Syamsuddin Drs. H. MM.dkk, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,
(Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006).
Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, Metodologi Penelitian Bahasa Asing, tth, tpn
Fauzi, M. “Efektifitas dan Efisiensi”, http://mrzie3r.wordpress.com/2007/03/22/ efektifitas-vs-efisiensi/, akses, 21 Nopember 2022.
Firdaus Iyus, "Komik Sebagai Media Pebelajaran Bahasa Arab", Al-Arabiyah .
Vol.3, No.1,Juli. (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,,
.
Fuad Ahmad Effendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat,
Guntoro , Efektifitas Metode Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas II MTs.N
karang mojo Gunung Kidul, Skripsi: Pendidikan Bahasa Arab,
(Yogyakarta: perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, 2007), t.d
Haryanto, DR. M.Pd. “Laboratorium Bahasa Multimedia dan Fungsinya dalam
Pembelajaran Bahasa Asing”, http://re-searchengines.com/0205haryanto.html, akses, 21 Nopember 2022.
Ibrahim R. dan Syaodaih Nana S., Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: PT Asdi
Mahasatya, 2003).
Khaerudin, H. Drs. MA, dkk, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (konsep dan
implimentasinya di madrasah), (Yogyakarta: Pilar Media, 2007).
Mudhoffir, Dra, M.Sc., Teknologi Instruksional, (Bandung:Remadja Karya, 1987).
Makhud. Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. (Jakarta: Depdikbud 1942:41).
Nasution S. Prof, Dr, M.A., Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, (Bandung:
P.T. Tarsito, 2002).
S. Arief Sadiman, DR. M.Sc. dkk., Media Pendidikan, (Jakarta: P.T.
RajaGrafindo Persada, 1986).
Sanjaya Wina, DR. M.Pd., Pembelajaran dalam Implementasi Kurikukum
Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Prenada Media , 2005).
Soetopo Henyat Prof. DR., Pendidikan dan Pembelajaran: teori, permasalahan
dan praktek, (Malang: UMM Press, 2005).
Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2003.
Sudjana Nana DR. dan Drs. Ahmad Rivai, Media Pengajaran, (Bandung: Sinar
Baru Algesindo, 2007).
Sudjana Nana DR., Pnilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT.
Remaja Rosda Karya, cet: ke-11, 2008).
Sukmadinata Nana Syaodih, Prof. Dr., Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung:
P.T Remaja Rosda Karya, 2005).
Syamsuddin AR. Prof. Dr. M.S. dan Damianti Vismaia S. Dr. M.PD., Metode
Penelitian Pendidikan Bahasa, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,
.
Wirabumi Azis Panji, Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam
Pengajaran PAI di Kelas 2 SMA.N I Yogyakarta, Skripsi: Pendidikan
Agama Islam,(Yogyakarta: perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, 2006), t.d.
Article Metrics
Abstract view : 27 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.