Efektifitas Media Wordwall Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru

Usman Usman(1*), Musfirah Musfirah(2), Andi Fajar Asti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media wordwall berbasis game terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Pre Experimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Jenis teknik sample yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil deskriptif menunjukkan bahwa nilai tes awal (pretest) siswa yaitu 53,19 dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan (posttest) menjadi 84,29. Berdasarkan hasil statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa setelah diberi perlakuan berupa media  pembelajaran wordwall lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum diberi perlakuan. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample T-test menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran  wordwall berbasis game sangat efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru.

 

Kata Kunci: Efectivitas, Wordwall, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Muda Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966

Darodjat, D., & M, W. (2015). Model Evaluasi Program. Islamadina, Volume XIV(1).

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Jurnal K.

Hamdani, B. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Cerita Bergambardi Sekolah Dasar Zaha (Zainul Hasan). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.585

Hendrizal, H., Puspita, V., & Zein, R. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1280

Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna, 1(1).

Irawan, I. (2020). Pembelajaran Inovatif Berbasis Media Pendidikan. ISLAMIKA, 11(2). https://doi.org/10.33592/islamika.v11i2.429

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2).

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. MEDIASI, 2(1). https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Kurniasih, R. (2018). Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10505

Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 216-223

M, U., Rosmini, R., Hartati, H., & Subiyantoro, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.251

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar.

Nisaurrasyidah, I., Soeteja, Z. S., & Prawira, N. G. (2021). Penggunaan Media Wordwall Saat Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(2). https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.27502

Nurhamida, & Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Muatan PKN Pada Materi Hak Dan Kewajiban Terhadap Tumbuhan Kelas 4 Di SDN 16 Gunung Tuleh Pasaman Barat Sumatera Barat. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4).

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457

Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1). https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101

Sutedjo, A. (2013). Implementasi dan Evaluasi Pembelajaran E-Learning Pada Mata Kuliah Geografi Transportasi dan Komunikasi Mahasiswa yang Memprogram di Semester Gasal Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Geografi, 11(21).

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek Dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020-1028.

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453-5460.

Tarmidzi, T., Putri, D. P., & Zahran, A. (2021). Desain Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Ular Tangga Berbasis Penguasaan Konsep Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4811


Article Metrics

Abstract view : 249 times | PDF view : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.