Trend Pengajaran Bahasa Asing dalam Menghadapi Smart Society 5.0

Syukur Saud(1*), Nur Aeni(2), Chaerul Fadlan Saud(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Society 5.0 merupakan hasil penyempurnan dari revolusi 4.0. Peran nstrument di Universitas merupakan penyanggah utama guna menghasilkan SDM yang mumpuni dalam melancarkan roda pariwisata di negeri ini. Penelitian ini akan menggunakan desain penelitian mixed metod, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta eksplorasi merupakan bagian dari penelitian ini. Pendekatan kuantitatif berupa tindakan kelas selama 2 siklus pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, web-based learning sebagai wujud dari penerapan tren dalam pengajaran menjadi alat yang paling populer untuk berkomunikasi dan melakukan edukasi melalui layar dengan tetap menjaga jarak social di Era generasi Z ini. Penggunaan trend dalam Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan peradaban sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Temuan survei ini menunjukkan bahwa 75% mahasiswa menyatakan bahwa mereka merasa sangat nyaman saat mereka belajar dengan adanya tren dalam pengajaran. Selain itu, mahasiswa sebanyak 87.6 % berpendapat bahwa Penggunaan web-based learning (bamboozle, secret door, nearpod) memotivasi peserta untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelas, memberikan umpan balik, diskusi, dan berbagi ide. Bamboozle, Secret Door, dan Nearpod dalam pengajaran bahasa asing dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran siswa, keterlibatan mereka dalam kelas, dan persiapan mereka untuk menghadapi era Smart Society 5.0.

 

Kata Kunci: Trends, Smart Society, Industry 5.0

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., Fitriani, F., & Fitri, N. (2019). The Use of Circle Games to improve the Mastery of English Vocabulary of the Indonesian Maritime Academy Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(3), 239-244.

Deguchi, A., Hirai, C., Matsuoka, H., Nakano, T., Oshima, K., Tai, M., & Tani, S. (2020). What is society 5.0. Society, 5, 1-23.

Dewi, Ratna Kumala. (2021) Innovation of Biochemistry Learning in Welcoming the Super Smart Society 5.0 Era. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2, 197-208.

Hitachi-UTokyo Laboratory (2018). Society 5.0 A People-centric Super-smart Society. Springer Open. Tokyo, Japan.

Holroyd, C. (2022). Technological innovation and building a ‘super smart’society: Japan’s vision of society 5.0. Journal of Asian Public Policy, 15(1), 18-31.

Hussin, A.A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas for Teching. IJELS: International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98.

Maritsa, A., Salsabila, U.H., Wafiq, M., Anidya, P.R., Ma’shum, M.A. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.

Lestrani, Sudarsi. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2, 94-100.

Pitarch, Ricardo Casañ. (2018). An Approach to Digital Game-based Learning: Video-games Principles and Applications in Foreign Language Learning. Journal of Language Teaching and Research, 9, 1147-1159.

Shwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution: what it means, how to respond. Accessed from https://www. weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth-industrial-rev- olution-what-it-means-and-how-to-respond

Widiasih, R., & Hermayanti, Y. (2020). International Students’ Experience of Studying at Indonesian Universities: A Systematic Review. Journal of International Students, 10(S3), 24-43.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.