Menggali Kearifan Ki Hajar Dewantara: Relevansi Pemikiran dalam Transformasi Pendidikan Abad-21

Alimuddin Tampa(1*), Ja’faruddin Ja’faruddin(2), Andi Mulawakkan Firdaus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Ki Hajar Dewantara (KHD), yang juga dikenal sebagai Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang lahir pada tahun 1889. Ia dihormati sebagai pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia. Berkat kontribusinya yang signifikan dalam dunia pendidikan Indonesia, KHD diakui sebagai bapak pendidikan nasional. Pemikiran-pemikirannya dalam bidang pendidikan telah menjadi landasan dalam merumuskan tujuan pendidikan nasional dan kurikulum, terutama konsep kurikulum merdeka. Filosofi pendidikan KHD sarat dengan makna. Pertanyaan kunci adalah, "Sejauh mana pemikiran KHD masih relevan dalam menghadapi transformasi pendidikan di Abad-21?" Makalah ini adalah sebuah analisis literatur yang bertujuan untuk menjelaskan relevansi pemikiran KHD dalam konteks transformasi pendidikan Abad-21. Dalam makalah ini, kami akan merinci konsep-konsep penting seperti kecakapan Abad-21, karakteristik peserta didik Abad-21, konteks sejarah KHD, serta relevansi pemikiran KHD dengan transformasi pendidikan Abad-21.

 

Kata Kunci: Ki Hajar Dewantara (KHD), Abad-21, Pendidikan, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adom, D., Adu-Mensah, J., & Dake, D. A. (2020). Test, measurement, and evaluation: Understanding and use of the concepts in education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 109. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20457

Agustina, E., Saripudin, D., Yulifar, L., & Supriatna, E. (2023). Typology of History Teachers in 21st-Century Learning (Grounded Theory Study in Senior High School in Indonesia). International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 302–320. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.17

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The Role of Serious Games, Gamification and Industry 4.0 Tools in the Education 4.0 Paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120–136. https://doi.org/10.30935/cet.554469

Andiawan, I. P. G. S. (2022). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Budi Pekerti di SD Negeri 3 Kerambitan Selama Pembelajaran Online. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 12(1), 46-52.

Brown, J. S. (n.d.). New Learning Environments for the 21st Century.

Butt, R., Siddiqui, H., Soomro, R. A., & Asad, M. M. (2020). Integration of Industrial Revolution 4.0 and IOTs in academia: A state-of-the-art review on the concept of Education 4.0 in Pakistan. Interactive Technology and Smart Education, 17(4), 337–354. https://doi.org/10.1108/ITSE-02-2020-0022

D’Arco, M., Marino, V., & Resciniti, R. (2023). Exploring the pro-environmental behavioral intention of Generation Z in the tourism context: The role of injunctive social norms and personal norms. Journal of Sustainable Tourism, 1–22. https://doi.org/10.1080/09669582.2023.2171049

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2019). Understanding Ki Hadjar Dewantara’s educational philosophy. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(3), 65–68. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i3.42

Fatimah, A. S., & Santiana, S. (2017). TEACHING IN 21ST CENTURY: STUDENTS-TEACHERS’ PERCEPTIONS OF TECHNOLOGY USE IN THE CLASSROOM. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 2(2), 125. https://doi.org/10.24903/sj.v2i2.132

Gomes, S., Lopes, J. M., & Nogueira, S. (2023). Willingness to pay more for green products: A critical challenge for Gen Z. Journal of Cleaner Production, 390, 136092. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.136092

Gottschalk, F., & Weise, C. (2023). Digital equity and inclusion in education: An overview of practice and policy in OECD countries.

Haryati, S. (2019). Pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi tentang sistem among dalam proses pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan anak usia dini perspektif Ki Hajar Dewantara. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9(2), 249-258.

Janmohamed, S. (2016). Generation M: Young Muslims changing the world. Bloomsbury Publishing.

Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 012142. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142

KHOIRIAH, N. (2019). Pandangan Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Anak Usia Dini dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, Iain Bengkulu).

Kotlarski, S., Gobiet, A., Morin, S., Olefs, M., Rajczak, J., & Samacoïts, R. (2023). 21st Century alpine climate change. Climate Dynamics, 60(1–2), 65–86. https://doi.org/10.1007/s00382-022-06303-3

Kuswandi, D. (2003). TEACHER EDUCATION SYSTEM ACCORDING TO KI HAJAR DEWANTARA’S OPINION. 2nd ICET Theme:“IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION AND TRAINING THROUGH STRENGTHENING NETWORKING”, 1019.

Magta, M. (2013). Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara pada anak usia dini. Jurnal pendidikan usia dini, 7(2), 221-229.

Noventari, W. (2016). Harmonisasi nilai-nilai pancasila dalam sistem among sesuai dengan alam pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 50-59.

Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15-22.

Pranoto, S. W. (2017). Ki Hajar Dewantara, pemikiran dan perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Rideout, V. J., Foehr, U. G., & Roberts, D. F. (2010). Generation M 2: Media in the Lives of 8-to 18-Year-Olds. Henry J. Kaiser Family Foundation.

Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2022). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif: Jurnal ilmu pendidikan, 4(1), 345-354.

Rounce, D. R., Hock, R., Maussion, F., Hugonnet, R., Kochtitzky, W., Huss, M., Berthier, E., Brinkerhoff, D., Compagno, L., Copland, L., Farinotti, D., Menounos, B., & McNabb, R. W. (2023). Global glacier change in the 21st century: Every increase in temperature matters. Science, 379(6627), 78–83. https://doi.org/10.1126/science.abo1324

Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4827-4832. Sari, C. R., Rosyid, A. T., & Prestika, Y. (2019, April). Penerapan sistem among di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Shatto, B., & Erwin, K. (2016). Moving on From Millennials: Preparing for Generation Z. The Journal of Continuing Education in Nursing, 47(6), 253–254. https://doi.org/10.3928/00220124-20160518-05

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Soeratman, D. (1989). Ki hajar dewantara. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional.

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the Teaching and Learning Process in Primary Schools Correspond to the Characteristics of the 21st Century Learning?. International Journal of Instruction, 13(3), 357-370.

Suparlan, H. (2016). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN SUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Voogt, J., & Roblin, N. P. (2010). 21st century skills discussion paper. University of Twente, 10.

Wangid, M. N. (2009). Sistem among pada masa kini: Kajian konsep dan praktik pendidikan. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2).

Wulandari, R. (2021). Characteristics and Learning Models of the 21st Century. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(3), 8. https://doi.org/10.20961/shes.v4i3.49958

Yanuarti, E. (2017). Pemikiran pendidikan ki. Hajar dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal penelitian, 11(2), 237-265.

Zainil, M., Kenedi, A. K., Rahmatina, Indrawati, T., & Handrianto, C. (2022). The Influence of a STEM-Based Digital Classroom Learning Model and High-Order Thinking Skills on the 21st-Century Skills of Elementary School Students in Indonesia. Journal of Education and E-Learning Research, 10(1), 29–35. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i1.4336

Zuriatin, Z., Nurhasanah, N., & Nurlaila, N. (2021). Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Ips, 11(1), 48-56.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.