Patologi Birokrasi Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Takalar

Risma Niswaty(1*), Irsyad Dhahri(2), Novayanti Sopia Rukmana(3), Andi Adhe Amalya(4), Andi Bintang Syawal(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Takalar merupakan organisasi perangkat daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor 02 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor 07 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah. Disdukcapil Kabupaten Takalar sangat berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan penyelenggaraan pembangunan, dan pemerintahan guna pendataan kependudukan terselenggara secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui patologi birokrasi dan faktor-faktor determinan penyebab terjadinya patologi pada pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dengan 8 informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa patologi birokrasi pada pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Takalar disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan keterampilan para pegawai pelaksana berbagai kegiatan operasional serta perilaku birokrasi yang bersifat disfungsional atau negatif berupa ketidakdisiplinan dalam bekerja. Adapun faktor-faktor determinannya, yaitu penerapan Undang-undang yang berlaku dan pengawasan terhadap kinerja pegawai belum terlaksana secara maksimal. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam penerapan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil karena penelitian-penelitian sebelumnya hanya terfokus pada patologi birokrasi pada pelayanan publik.

 

Kata Kunci: Patologi Birokrasi, Administrasi Kependudukan

Full Text:

PDF

References


[Kepmenpan RI]. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/Kep/M.Pan/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik (2003). Indonesia.

[Permenpan RI]. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor: 1 Tahun 2010 Tentang Pedoman Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja (2020). Indonesia.

[Perda]. Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor: 46 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Takalar (2016). Indonesia.

[Perda]. Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor: 09 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum (2012). Indonesia.

Damayanti, I. (2020). Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Dalam Mempertahankan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Tahun 2021. Solidaritas: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 6(1).

DPR & Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2023 Tentang Hari Kerja Dan Jam Kerja Instansi Pemerintah Dan Pegawai Aparatur Sipil Negara (2023). Indonesia.

DPR & Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia (2008). Indonesia.

DPR & Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme (1999). Indonesia.

DPR & Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan (2013). Indonesia.

Haque, R., Harrop, & Breslin, S. (1998). Comparative Government and Politics. Macmillan.

Islamy, I. (1992). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara.

Junus, D., Sahi, N. A., Harun, N. I., & Purnamasari, S. L. (2023). Pembangunan Good Governance Melalui Citizen Charter Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 13(1), 98-112.

KartoNomor, K. (2008). Patologi Sosial. Grafindo Persada.

Kurnia, A., & Andi, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya. Jurnal Administrator, 4(1), 1-1-.

Peter, B., & Mayer, M. W. (2000). Birokrasi dalam Masyarakat Modern. Prestasi Pustakarya

Siagian, S. P. (1994b). Patologi Birokrasi: Analisis, Identifikasi dan Terapinya (19th ed.). Ghalia Indonesia.

Suhendra, K. (2006). Peranan Birokrasi dalam Pemberdayaan Masyarakat. STKSPRESS.

Zulkarnaen, S., Lie, D., Efendi, E., & Simatupang, S. S. (2020). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 6(2), 200-215.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.