Analisis Kemampuan Menulis Berbasis Teks Bacaan Bahasa Jerman Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM

Laelah Azizah(1*), Wahyu Kurniati Asri(2), Misnah Mannahali(3), Femmy Angreany(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, memberikan gambaran informasi terkait kemampuan menulis kalimat tanya dengan menggunakan W-Frage berbasis teks bacaan bergambar mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM.  Teks cerita bergambar adalah kombinasi dari gambar serta cerita yang banyak menarik minat mahasiswa karena ilustrasi gambar yang menarik. Cerita bergambar ini dinilai tidak membosankan karena tidak hanya berisi tulisan saja seperti buku pada umumnya. Gambar merupakan visualisasi dari kalimat dan digunakan untuk memperjelas dan membuat alur cerita semakin jelas. Teks bacaan bergambar ini menjadi alrernatif pembelajaran yang interaktif bagi mahasiswa, terasa menyenangkan dan dapat memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa Jerman. Berkaitan dengan hal tersebut diadakan penelitian kemampuan menulis kalimat tanya bahasa Jerman. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa Jerman. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa data bagaimana kemampuan menulis kalimat tanya dengan menggunakan W-Frage bahasa Jerman berbasis teks bacaan bergambar mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Jerman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa tingkat kemampuan menulis kalimat tanya dengan menggunakan W-Frage berbasis teks bacaan bergambar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNM termasuk dalam kategori cukup.

 

Kata Kunci: Menulis, Kalimat Tanya, W-Frage, Teks Bacaan

Full Text:

PDF

References


Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269-282.

Al-Thasyam, A. N. H., Al Ilmul, S. F., & Achmad, A. K. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Fragesatz. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics

Ambarwati, A. (2015, September). Model Buku Cerita Bergambar untuk Pembelajaran BIPA bagi Anak Prasekolah. In Makalah disajikan dalam rangka Seminar Internasional, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang, Malang (pp. 28-29).

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 138-146.

Azizah, L., & Saleh, N. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Reward And Punishment dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 98-104.

Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, Dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186-1193.

Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745-756.

Gantrisia, K., Ekawati, D., & Cansrina, G. (2017). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis E-Learning Studi Kasus: Siswa Smas Mutiara Bunda Di Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kotamadya Bandung. Dharmakarya, 6(4).

Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36-40.

Helbig, G. dan Busch, J. (2001). Deutsche Grammatik Ein Handbuch für den Ausländerunterricht. Berlin und München: Langenscheidt KG.

IIhsan, I., & Al-Ilmul, S. F. (2021). Problematika Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Yang Belum Pernah Mendapatkan Pelajaran bahasa Jerman di Jenjang Pendidikan Sebelumnya. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 137-146.

Julaikah, D. I. (2017). Menghadirkan Film dalam Pembelajaran Bahasajerman Sebagai Bahasa Asing (Deutsch Als Fremdsprache). Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 4(1).

Lo Bianco, J., & Slaughter, Y. (2017). Bilingual and multilingual education. Springer International Publishing.

Mannahali, M., Azizah, L., & Hasmawati, H. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Quizlet dalam Keterampilan Menulis Cerita Bergambar (Bild Schreiben) Bahasa Jerman pada Masa Pandemi Covid-19.

Mantasiah R, M. R., Yusri, Y., Anwar, M., & Hasmawati, H. (2021). Integrating Linguistics Theories in Developing Foreign Language Teaching Material (German Grammar Textbook for Indonesian Learners). International Journal of Language Education, 5(3), 125-134.

Mardiana, M., Azizah, L., & Mantasiah R, M. R. (2021). Media Google Classroom dalam Pembelajaran Membaca Memahami Bahasa Jerman. PHONOLOGIE Journal of Language and Literature, 2(1), 80-90.

Nurmiati, N., & Mantasiah, R. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

Omar, R., Bauri, N., Knight, V. F., & Mohammed, Z. (2015). Pembangunan ujian teks bacaan perkataan berkait bahasa Melayu Universiti Kebangsaan Malaysia. Jurnal Sains Kesihatan Malaysia, 13(1), 51-56.

Pahlow, H. (2015). Deutsche Grammatik Einfach, Kompakt, und Übersichtlich Machern:

Pandean, M. L. (2018). Kalimat tanya dalam bahasa Indonesia. Kajian Linguistik, 5(3).

Rahmawati, N. S., & Mannahali, M. (2021). Penggunaan Sprachblasen Pada Media Komik Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985-2992.

Shofiah, N. (2018, February). Pertimbangan pemilihan teks bacaan dalam pengajaran dan pembelajaran membaca. In Prosiding seminar nasional bahasa dan sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 1, No. 1).

Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh penyajian materi dalam bentuk media komik terhadap minat baca dan hasil belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Utami, T. T., Mantasiah R, M. R., & Rijal, S. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Jawaban Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Jerman. Phonologie Journal of Language and Literature, 1(2), 154-161.

Zahra, S. T., & Mulyadi, M. (2019). Kalimat Tanya dalam Bahasa Mandailing: Teori X-Bar. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Zhou, W. (2020, October). Education for Bilingual Children in the Age of Artificial Intelligence. In International Conference on Machine Learning for Cyber Security (pp. 436-442). Springer, Cham.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.