Model UNIE-C (Understand, Need, Interaction, Expression - Creativity) pada Pembelajaran Tari di SMA Negeri 2 Majene

Syakhruni Syakhruni(1*), Jalil Jalil(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Seni tari mampu memberikan pengalaman kreatif kepada anak-anak dan harus diajarkan sebagai salah satu cara untuk mengalami dan menyatakan kembali nilai estetik yang dialami dalam kehidupan. Kenyataan di lapangan dalam kaitannya dengan pendidikan seni tari dan kreativitas siswa, bahwa secara empirik permasalahan rendahnya pengembangan kreatifitas anak didik, lebih banyak disebabkan oleh ketidakmampuan guru dalam mengelola pembelajaran seni tari untuk mengembangkan kreativitas siswanya. Model UNIE-C adalah model pembelajaran seni tari yang mengacu pada pendekatan 4 (empat) hal yaitu: understand, need, interaction, dan expression selanjutnya diakumulasi sebagai bentuk creativity. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model UNIE-C  pada pembelajaran tari di SMA Negeri 2 Majene. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Majene. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa pada mata pelajaran seni budaya yang merupakan informan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini didasarkan pada kriterium tertentu. Hasil yang didapatkan adalah gerak tari yang dikembangkan dalam model UNIE-C dibuat berdasarkan pengalaman peserta didik tanpa harus meniru gerakan tari sebagai sebuah penampilan utuh, gerakan tari yang dibuat berdasarkan apa yang dilihat dan dirasakan oleh peserta didik.

 

Kata Kunci: tari, pembelajaran, gerak, model UNIE-C

Full Text:

PDF

References


Allolayuk, A. 2021. Menyingkap Sisi Gelap Pendidikan sebagai Arena Reproduksi Kesenjangan Sosial Berdasarkan Perspektif Pierre Bourdieu. Syntax Idea, 3(8).

Amabile , T.M 1983. “The Social Psychology of Creativity: A Componential Conceptualization” Journal of Personality and Social Psychology, 45: 357376

Amelia, D. I., Dewi, S. D., Hayati, S. A. N., & Huda, M. K. (2021). Peran Pendidikan Seni Dalam Melestarikan Kekayaan Budaya Di Era 5.0 Pada SDN Margadadi IV. Prosiding dan Web Seminar Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar menuju Era

Cote, Paulette. 2006. The Power of Dance in Soci- ety and Education: Lessons Learned from Tradition and Innovation, Provide a Solid Founda-tion for Dance Education. The Journal of Physical Education, Recreation & Dance, Vol. 77.

Dewi, E. 2019. Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1).

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

González-Zamar, M. D., & Abad-Segura, E. 2021. Emotional creativity in art education: An exploratory analysis and research trends. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(12).

Hadi, Y.S. 2014. Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi.Yogyakarta: Cipta Media.

Hamalik, O. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar

Hermanto, B. 2020. Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2).

Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia

Jazuli, M. 2010. Model Pembelajaran Tari Pendidikan pada Siswa Sd/Mi Semarang. Jurnal Harmonia, 10 (2).

Komariah, A dan Satori, D. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta

Kusumastuti, E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Upi. 1 (1), 7-16.

Listiana, Y. R. 2021. Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Makmur, T. 2019. Revolusi sumber-sumber informasi di internet dan hubungannya dengan masyarakat informasi. Al-Kuttab : 1(1), 46–55.

Mulyasa, A. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Raharjo et al. 1999. Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiyanah, S. 2020. DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2).

Sugiono. 2012. Memehami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujamto. 1992. Wayang dan Budaya Jawa, Semarang: Dahara Prize.

Supriadi, D., 2004. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sustiawati, 2008. Pengembangan Manajemen Pelatihan Seni Tari Multikultur Berpendekatan Silang Gaya Tari Bagi Guru Seni Tari Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Denpasar. Malang: Program Pascasarjana UM.

Zulkarnain. 2008. Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam, Manajemen Berorientasi Link and Match. Yogyakarta: Puskata Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.