Pengembangan Kulit Pie dengan Penambahan Puree Ubi Jalar pada Ibu-Ibu Rumah Tangga

Ratnawati T(1*), Nahriana Nahriana(2), Besse Qurani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan puree ubi jalar ungu, proses pembuatan kulit pie dengan substitusi puree ubi ungu, penerimaan panelis terhadap kulit pie substitusi puree ubi ungu, tingkat pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga setelah melakukan pelatihan. Subjek pada penelitian ini adalah kulit pie dengan substitusi ubi jalar ungu. Hasil uji organoleptik yang terpilih akan dilatihkan  pada ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Lalampanua, Kecamatan Pamboang Sulawesi Barat. Angket yang berupa score sheet untuk mengumpulkan data dari uji organoleptik tentang penilaian warna, aroma, tekstur, dan rasa. Angket yang akan diberikan kepada ibu-ibu rumah tangga yang diberikan setelah pelatihan, untuk melihat tingkat pengetahuan dan ketrampilannya dan  dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mengacu pada hasil uji organoleptic kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembuatan puree ubi jalar ungu, yaitu: pemilihan ubi jalar ungu, setelah dipilih yang baik, lalu dicuci bersih. Setelah berih lalu dikukus selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang didinginkan lalu dikupas kulitnya., kemudian dihaluskan. Proses pembuatan kulit pie dengan penambahan puree ubi jalar ungu meliputi persiapan bahan dan alat, penimbangan bahan, pencampuran adonan, pencetakan, dan pemanggangan dengan perbandingan formula F1 (30%), F2 (40%), dan F3 (50%). 2) Penerimaan panelis terhadap mutu kesukaan dari kulit pie puree ubi jalar ungu terpilih F2 (40%) dengan warna semakin ungu, aroma semakin harum, tekstur semakin agak renyah, rasa semakin enak, over all semakin baik, dan uji hedonik semakin suka. 3) Prospek pada produk kulit pie puree ubi jalar ungu sangat diminati dan menarik orang-orang untuk mengetahui cara pembuatan kulit pie puree ubi jalar ungu.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Kulit Pie, Ubi Jalar Ungu

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Produksi Ubi Jalar Menurut Provinsi 1993 – 2016.

Ekoningtyas, E. A., Triwiyatini., & Nisa, F. (2016). Potensi kandungan kimiawi dari ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L) sebagai bahan identifikasi keberadaan plak pada permukaan gigi. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(1): 1-6.

Fatmamia, Aulia. 2015. Eksperimen Pembuatan Kulit PieLabu Kuning. Skripsi diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Gisslen, Wayne. 2012. Professional Baking. (Cetakan ke-7). Kanada: John Wiley & Sons. Inc.

Juanda & B Cahyono, 2000. Ubi Jalar Budidaya dan Nalisis Usaha Tani. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Khaldun, I., Erlidawati., & Munzair. (2013). Kestabilan zat warna alami dan umbi ketela ungu (Ipomoea batatas). Journal of Chemistry & Chemistry Education, 1(1) .34 – 40.

Ruaida, Elida. 2012. Roti dan Kue. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sarwono, B. 2005. Ubi Jalar. Jakarta: Penebar Swadaya.

Satuhu, S. 2008. Membuat Aneka Kulit Pie Buah. Penebar Swadaya: Jakarta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suismano. 2008. Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Pangan Lokal Berbasis Umbi-Umbian. Vol. 17 No. 3 (2008): Pangan.

Sunita, 2009.Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Syamsidah, dkk, 2018. Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: deepublish.

Tintin Rayner. 2016. Pie Susu aka Egg Taart. Cookpad Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.