Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar Kuliner Di Jurusan PKK FT UNM

Ratnawati T(1*), Syamsidah Syamsidah(2), Besse Qurani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Penerapan  Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah  Dasar Kuliner Di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Subjek penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa yang terpilih berdasarkan hasil tes kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) tahapan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara langsung, melaksanakan tes secara online menggunakan google form, dan melaksanakan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan. Setelah menerapkan model pembelajaran project based learning, ditunjukkan hasil belajar dari ketiga subjek yang terpilih mengalami peningkatan yang ditandai dengan adanya perubahan ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu sikap, minat, konsep diri dan situasi belajar. Berdasarkan hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran project based learning pada mata kuliah dasar kuliner dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

 

Kata Kunci: Dasar Kuliner, Hasil Belajar, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Andre Payadnya, I. P. A., Hermawan, I. M. S., & Rulianto. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sleman: Deepublish.

Arifin, Zaenal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta; PT Rineka Cipta

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreatif dengan Model Project Based Learning dan Musik Instrumental Teori dan Praktek di Sekolah Dasar. Sleman: Deepublish.

Ilmudinulloh, R., & Bustomi, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 2(2), 121–128.

Kurniawan, S., Suryaningsih, Y., & Gaffar, A. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 622–629.

Kusnandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press

Malini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 10–22.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Putri Lestari, N. A., Kurniawati, K. L., & Astika Dewi, M. S. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Lukluk: Nilacakra.

Rahman, A. (2022). Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Pemalang: PT Nasya Expanding Management.

Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan : (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Tori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono (2012). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.

Widnyana, A. I., & Sarwoono, R. B. (2023). Peran Konsep Diri Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Mahasiswa. Jurnal Konseling Dan Pengembangan Pribadi, 5(1), 26–32.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.