Kevalidan Desain Strategi Inquiry Problem Solving (SIPS) Untuk Penguatan Kemampuan Berpikir HOTS

Jusniar Jusniar(1*), Pince Salempa(2), Army Auliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk desain Strategi Inquiry-Problem Solving (SIPS) yang valid  sesuai model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Sumber data  yang digunakan untuk uji kevalidan adalah Dua ahli pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi Ahli.terhadap Desain SIPS dengan tujuh kimponen penilaian yaitu rasional, teori pendukung, sintaks, prinsip reaksi, sistem pendukung, sistem sosial, dan petunjuk pelaksanaan strategi SIPS .  Hasil yang diperoleh bahwa ketujuh komponen yang divalidasi  berada pada kategori sangat tinggi.  Konsistensi antar penilai (rater) berada pada kategori sangat tinggi sebesar 93,3%. Dengan demikian desain SIPS sebagai produk pengembangan dinyatakan valid.

 

Kata Kunci: Kevalidan, Strategi, HOTS

Full Text:

PDF

References


Akker, J.B., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. 1999. Design Approach and Tools in Education and Training. Springer Science.

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. 9th Edition. New York: Mc Graw Hills.

Aurah, C. M. et al. 2011. ‘The Role of Metacognition In Everyday Among Primary Students In Kenya’, Problems of education in the 21st century, 30 (9). 2011.

Bodner, G.M. 1986. Constructivism: A Theory of Knowledge. Journal of Chemical Education, 63: 873-878.

Borich, G.D. 1994. Observation Skill for Effective Teaching. 2th Edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research) Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Word Editor: Office 2003.

Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2000). Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

O’Connor, C. (2015). A Practice-led approach to aligning learning theories with learning and teaching strategies in third level chemistry education. Irish Journal Academic Practice, 4(1), 7.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., De Jong T., Van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T.,Manoli, C. C., Zacharia, Z. C. & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61.

Rahman, M. 2019. ‘21 st Century Skill “ Problem Solving ”: Defining the Concept’, Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), pp. 71–81.

Reigeluth, C. M. (Ed.). 1999. Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory (Vol. II). Mahwah, N.J.: Lawrence Erlbaum Associates.

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology Theory and Practice. Eighth Edition. New York: Hopkins University.

Stojanovska, M., M. Petruševski, V., & Šoptrajanov, B. 2017. Study of the Use of the Three Levels of Thinking and Representation. Contributions Section of Natural, Mathematical and Biotechnical Sciences, 35(1), 37–46.

Sutrisno. (2012). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbingterhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PendidikanMatematika, 1(5), 39-50.

Symington, D. J. ‘Primary school pupils’ ability to see scientific problems in everyday phenomena’, Research in Science Education, 7(1), pp. 41–49, 1977.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.