Efektifitas dan Efisiensi Penyelenggaraan E-Government pada Pelayanan Publik di Kota Pare-Pare

Rifdan Rifdan(1*), Herman Herman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengkaji dan menganlisi efektifitas dan efisiensi e-governmant di kota pare-pare. Agar dapat memberikan deskripsi atas penerapan e-government dan melihat sejauh mana efektifitas dan efisiensi darai penerapanya. Hasil pembahasan penelitian ini diharapkan dapat memberikan uraian sehubungan dengan optimalisasi sistem e-government di kota pare-pare khususnya dan daerah lain pada umumnya. Penelitian ini bersifat deskriptif karena dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang rinci tentang fokus yang diteliti dengan memanfaatkan asas-asas pelayanan publik sehingga dapat menjawab permasalahan yang diteliti. Lokasi penelitian difokuskan pada daerah kota pare-pare sulawesi selatan. Alasan penentuan lokasi dikarenakan kota pare-pare termasuk salah satu daerah yang menerapkan sistem e-government. Selain itu penentuan lokasi dengan mempertimbangkan kondisi strategis baik dari segi jarak tempuh maupun dari segi akses informasi. Sasaran penelitian ditujukan pada aspek implementasi e-government sebagai salah satu tujuan reformasi birokrasi. Sesuai rencana kegiatan yang telah diprogramkan untuk dilaskanakan dalam penelitaian ini, dengan melakukan pendalaman terhadap penelitian ini maka dapat ditemukan kelebihan dan kekurangan serta faktor lainnya dalam penerapan e-government terutaman dalam konsep reformasi birokrasi. Maka target luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah. menjadi bahan rujukan dalam mewujudkan e-government yang efektif dan efisien.

 

Kata Kunci: Efektifitas Dan Efisiensi, E-Government, Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

References


American Scientific, 1995, The Computer In The 21st Century, New York: Special Issue.

B.L. Berg, 2004, Methods For The Social Sciences, Qualitative Research Methodes For The Social Sciences, Boston: Pearson Education.

Carayannis dan Campbell,2009, “mode 3” and “Quadruple Helix” : Toward at 21st Century Fractal Innovation Ecosystem, International Journal of Technology Management, 46(3-4).

Denisa Lestari, Yeni, dkk, Pengembangan e-Government Melalui Layanan Aspirasi Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magelang, Jurnal Ilmu Administrasi : Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, Vol. XVI, No. 2, Desember 2019.

Dewi Arum, Kususma dan Wahyu Agus Winarno, 2012, Implementasi E-governmentSystem Dalam Upaya Peningkatan Clean And Good Government Di Indonesia, Jurnal Jean, Volume XI Nomor 1.

Dwiyanto, 2015, Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, Dan Kolaboratif, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Dwiyanto, agus, 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Eko Indrajit, Richardus, Mananjemen Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, Kumpulan Artikel, Stimik Perbanas Renaissance Center.

Enny, Abertun, dan Lius, 2014, Penerapan E-Government Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Provisnsi Kalimantan Tengah Berbasis Website, Jurnal Teknologi Informasi, Volume 8 No 2.

Etzkowitz dan Leydesdorff, 1995, The Triple Helix University, Industry, Government Relation : a Laboratory for Knowledge Based Economic Development, EASST Review.

Fausa, Erlangga, 1995, Beberapa Aspek Dalam Perkembangan Teknologi Informasi, Unisia, No 27.

Hadi Miarso, Yusuf, 2009, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana.

http://36.91.79.218:8181/pare_skpd/member/login.php diakses tanggal 28 Juli 2023

https://makassar.antaranews.com/berita/10279/sintap-parepare-dapat-penghargaan-pelayanan-publik diakses tanggal 28 Juli 2023

https://pareparekota.go.id diakses tanggal 27 Juli 2021.

https://pareparekota.go.id/index.php/ujung-sabbang-nominator-kelurahan-terbaik-se-sulawesi-selatan/ diakses pada 28 Juli 2023

https://sulselprov.go.id/welcome/post/aplikasi-e-government-menuju-good-governance diakses tanggal 31 Juli 2023

https://www.setneg.go.id/baca/index/e_government_inovasi_dalam_strategi_komunikasi diakses tanggal 27 januari 2023.

Huberman, Miles & Saldana, 2014, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.

Indrajit, 2006, Electronic Government : Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet dan Teknologi Informasi, Jakarta : Aptikom.

Indrajit, Eko, 2006, Electronic Government: Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet Dan Teknologo Informasi, APTIKOM.

Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasioanal Pengembangan E-government.

Kebijakan dan Strategi Pengembangan e-government, Kementerian Komunikasi dan Informasi September 2002.

Kurniawan, Agung, 2005, Transformasi Pelayanan Publik Pembaharuan, Yogyakarta.

Kusmayadi, Eka, 2019, Dasar-Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Modul 1.

L.J. Moleong, 2007, Qualitative Research Methodology, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahmudi, 2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi Kedua, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen YKPN.

Masyhur, Firdaus, 2016, Implementasi Strategi e-Government Kota Parepare Menggunakan Model Cassidy dan Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI), Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik : Vol. 20, No. 2, Desember 2016.

Muliawaty, Lia dan Shofwan Hendryawan, 2020, Peranan e-Government dalam Pelayanan Publik, Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 11, No. 2, Juni 2020.

Novi dan Dwi, 2020, Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan , Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 4 Nomor 2.

Nugraha, 2018, e-Government dan Pelayanan Publik (studi tentang Elemen Sukses Pengembangan e-Government di Pemerintahan Kabupaten Sleman, Jurnal Komunikasi dan Kajian, Vol. 2, No. 1.

Oktama Lestari, Bela, 2013, Museum Ilmu Dan Teknologi Untuk Anak-Anak Di Solo Baru, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Peraturan Walikota Pare-Pare No. 7 Tahun 2020 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika.

Pernyataan Bapak Hariyanto, Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government Dinas Kominfo Kota Pare-Pare, melalui Radio Peduli Pare-Pare.

Pernyataan Chaedir Zaputra, Kasubag Administrasi Umum dan Kepegawaian Kecamatan Bacukiki Barat.

Pernyataan H. Iwan Assad, Mantan Dinas Kominfo Kota Pare-Pare di Humas Kota Pare-Pare.

Pernyataan Hasna, Masyarakat Kecamatan Bacukiki Barat melalui riset tentang e-government pada tanggal 16 Juli 2023.

Pernyataan Taufan Pawe, Walikota Pare-Pare dalam acara Event Indo Smart City Forum & Expo di Yogyakarta 13 Oktober 2021.

Pernyataan Taufan Pawe, Walikota Pare-Pare melalui Parepos.fajar.co.id.

Putra. Fadilah, 2012, New Publik Governance, Malang: UB Press.

Ridwan, 2014, Implementasi E-government Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Sistem Pemerintahan Modern, STIA LAN, Volume XI Nomor 3.

Savas, E.S., 1987, Privatization: The Key To Better Government, New Jersey: Chatam House Publiser.

Sufianti, Ely, 2007, Aplikasi e-Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Beberapa Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten di Indonesia, Jurnal Ilmu Administrasi : Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, Vol. 4, No. 4.

Suharyana, Yana, 2017, Implementasi e-Government untuk Pelayanan Publik di Provinsi Banten, Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, Vol. 1, No. 1.

Surjadi, 2012, Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik, Bandung: Reifika Aditama.

Tri Nugraha, Joko, 2018, e-governmentdan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-governmentDi Pemerintah Kabupaten Sleman), Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, Volume 2 Nomor 1.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Wawancara Bapak Fadhlul, Masyarakat Pare-Pare, pada tanggal 19 Juli 2023.

Wawancara Chaedir Zaputra, Kasubag Administrasi Umum dan Kepegawaian Kec. Bacukiki Barat, pada tanggal 23 Juli 2023.

Wawancara dengan Ibu St. Rahma Ami, Kepala DPMPTSP Kota Pare-Pare.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.