Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Berbasis Projek Untuk Menumbuhkan Aktivitas Belajar Kolaboratif Murid Sekolah Dasar

Abd. Haling(1*), Pattaufik Pattaufik(2), Syamsuriani Syamsuriani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Pendidikan Pancasila berasis projek untuk menumbuhkan aktivitas belajar kolaboratif murid sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Produk bahan ajar yang dihasilkan adalah bahan ajar Pendidikan Pancasila berbasis projek. Subjek pengujian produk, yaitu: pakar, guru dan murid kelas I sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui  angket validasi bahan ajar, angket tanggapan guru, lembar pengamatan respon murid, dan panduan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Produk yang dihasilkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hasil identifikasi kebutuhan menunjukkan perlunya bahan ajar inovasi yang menuntut murid belajar kreatif dan bermakna dengan menggunakan bahan ajar berbasis projek untuk menumbuhkan aktivitas belajar berkolaboratif untuk memperoleh penguasaan kompetensi, (b) Hasil Pengujian validitas terhadap buku ajar Pendidikan Pancasila yang dikembangkan berkualifikasi sangat valid, (c)  Hasil pengujian tanggapan guru menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Pancasila yang telah dihasilkan  berkualifikasi sangat baik, dan (d) Hasil respon peserta didik terhadap penerapan bahan ajar menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar berbasis projek  berkualifikasi efektif. Dengan demikian produk bahan ajar Pendidikan Pancasila yang dihasilkan valid, praktis, efektif, dan sesuai kebutuhan bagi calon pengguna.

 

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Pendidikan Pancasila, Projek, Aktivitas Belajar Kolaborat

Full Text:

PDF

References


Abd. Haling dkk (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai bagi murid kelas awal sekolah dasar. Makassar: UNM

Abd. Haling, 2009. Pengembangan model pendidikan karakter sebagai upaya mencegah kejahatan dan demoralisasi pada anak di sekolah dasar. Makassar: Lemlit-UNM

Astutik, Sri 2008 dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Siklus Belajar (Learning cycle 5E) Berbasis Eksperimen pada Pembelajaran Sains di SDN Patrang 1 Jember. (2)

Budiningsi, C.A. 2000. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tahap Penalaran Moral Remaja: Analisis Karakteristik Siswa SLTP dan SMU di Jawa. Jakarta: Depdiknas.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational research: an introduction. (third ed.) New York: David McKay.

Cohen, Louis. Manion, Lawrence. & Morrisson, Keith. 2007. Research methods in education. London: Routledge.

Creswell, J. W. 2008. Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research. 3rd ed. New York: Pearson Educational International.

Curtis, D. 2002. The power of projects. Educational Leadership 60, no.1:50-3

Dodge, Diane Trister; Colker, Laura & Heroman, Cate. 2002 .The creative curriculum for preschool. Edisi keempat. Washington, DC: Teaching Strategies.

Feng Chun, Miao. 2006. Training Modules on Integratin g ICT For Pedagogical Innovation. Makalah disampaikan dalam National Training on Integrating ICT and Teaching and Learning yang diselenggarakan oleh UNESCO Bangkok bekerjasama dengan SEAMOLEC di Jakarta, 6 – 10 Maret 2006.

Gokhale, Anuradha A. 1995. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. http://scholar.lib.vt.edu/.

Harianti, D. 2007. Model dan contoh muatan lokal pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan pendidikan nasional Depdiknas.

Illinois State Board of Education. 2007. Project approach tip sheets. http://illinoisearlylearning.org/tips.htm muat turun 4 November 2011.

Jackman, Hilda J. 2009. Early education curriculum. a child’s connection to the world. USA.: Delmar, Cengage Learning.

Johnson, R.B. & Onwuegbuzie, A.J. 2004. Mexid methods research: a research paradigm whose time has come. Educational Researcher 33 (7): 14-26.

Jones. E. 2007. Playing is my job in Parkey, F.W. et al. Curriculum planning: a contemporary approach pg 331-333. Boston: Pearson Education.

Jones, Robin. 2007. Project-based learning and early learning standards: making the connections. Exchange, The Early Leaders’ Magazine March/April 2007. www.ChildCareExchange.com. Muat turun 16 April 2012.

Kaldi Stavroula, Diamanto Filippatou & Christos Govaris. 2011. Project-based learning in primary schools: effects on pupils’ learning and attitudes. Education3-13. Vol 39, No 1, February 2011, 35-47. http://www.informationworld.com muat turun 25 Januari 2011

Kathy Baron.http://www.edutopia.org/stw-maine-project-based-learning-ten-key-lessons muat turun 29 April 2012.

Katz, Lillian G. & Chard, Sylvia C. 2000. Engaging children’s mind: The project approach. 2nd ed. Stamford, CT: Ablex

Kemendikbud. 2013. Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusbang Tendik.

Lickona, T. 1992. Educating for character, how our schools can teach respect and responsibility. Bantam books, New York.

Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) Republik Indonesia 1966. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara Republik Indonesia No. XX/MPRS/ 1966 tentang memorandum DPR-GR mengenai sumber tertib hukum RI dan tata urutan peraturan perundangan RI.

Min, K. C., Rashid, A. M., & Nazri, M. I. (2012). Teachers’ understanding and practice towards thematic approach in teaching integrated living skills (ILS) in Malaysia. International Journal of Humanities and Social Science, 2(23), 273-281.)

Muhaimin, et al. 2009. Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali pers.

Nicholls, A and A.H. Nicholls. 1978. Developing a Curriculum: A Practical Guide, 2nd edition. London: George Allen and Unwin

Republik Indonesia. 2003, Undang-undang nomor 20 tahun 2003, Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas

Republik Indonesia, 2005. Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Roopnarine, J. L & Johnson. J. E. 2005. Approach to early childhood education. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sharifah dkk (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berasaskan Projek Melalui Kajian Tindakan Kolaboratif.

Sumarsono, S. et al. 2005. Pendidikan moral Pancasila. Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Sutirjo dan Sri Istuti Mamik. (2005). Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.

Wiersema, Nico. 2000. How does Collaborative Learning Actually work in classroom and how do students reac to it? A Brief Reflection. http://www.city. Londonmet.ac.uk.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.