Kemampuan Bahasa Daerah dan Bahasa Indonesia Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar

Haryanto Atmowardoyo(1*), Geminastiti Sakkir(2), Rini Isnaeni Sakkir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat, mengidentifikasi model pembelajaran bahasa daerah dan bahasa Indonesia mahasiswa pendidikan bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris semester empat karena pada semester tersebut terdapat mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Dimana penelitian ini ingin melihat bagaimana model pembelajaran bahasa mahasiswa. Mahasiswa semester empat tahun ajaran 2021/2022 yang mengambil mata kuliah tersebut 5 kelas terdiri dari 210 mahasiswa, Namun penelitian ini hanya dilakukan di 2 (dua) kelas yaitu kelas D dan E sebanyak 82 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian Qualitative Descriptive. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, (1) Keterampilan berbicara bahasa Daerah yang dimiliki mahasiswa antara lain: Bugis, Makassar, Toraja, Enrekang, Sulbar, Selayar, Muna, Manado, Jawa, Sunda, Baubau, dan ada pula yang tidak tau bahasa daerah apapun; dengan sumber belajar yang digunakan berasal dari lingkungan, dari orangtua, dari keluarga, dari guru/ sekolah, dari buku, dari internet, dari video, dari teman, dan dengan kursus dan otodidak; dan adapun cara belajar bahasa daerah yang mereka lakukan dengan cara meniru dan komunikasi informal dengan masyarakat lingkungan tempat tinggal, orangtua, keluarga, teman dan secara formal melalui sekolah, buku dan kursus serta ada pula yang belajar mandiri dari video, internet dan otodidak. (2) Seluruh mahasiswa memiliki keterampilan Bahasa Indonesia dan waktu mengenal pertama kali antara lain, sejak lahir dan sejak kecil baik yang diperoleh dari orangtua dan keluarga maupun dari bangku sekolah. Sumber belajarnya sama dengan bahasa daerah, sebagian besar berasal dari informal yaitu dari lingkungan, orangtua, keluarga dan teman (76,83%) dan yang memperoleh bahasa Indonesia melalui jalur formal di sekolah (23,17%). Cara belajar bahasa Indonesia mahasiswa terdiri dari 2 (dua) cara yaitu formal dan informal. Formal melalui pembelajaran secara sadar di sekolah mulai dari TK sampai sekarang di kampus, dan jalur informal dari masyarakat lingkungan tempat tinggal, orangtua, keluarga, dan teman. Tidak ada cara berbeda yang signifikan ditemukan antara cara belajar bahasa daerah dan bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci: Kemampuan, Bahasa, Daerah, Indonesia, Inggris

Full Text:

PDF

References


Atmowardoyo, H., & Sakkir, G. (2021). Effects of best-practice based materials in receptive language learning behaviours in improving receptive language skills. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 1313-1334.

Atmowardoyo, H., Weda, S., & Sakkir, G. (2020). Information Technology used by Millennial Good English Language Learners in an Indonesian University to Improve their English Skills. Solid State Technology, 63(5), 9532-9547.

Atmowardoyo, H., Weda, S., & Sakkir, G. (2021). Learning Strategies in English Skills used by Good Language Learners in Millennial Era: A Positive Case Study in Universitas Negeri Makassar. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 8(1), 28-40.

Brown, H. D. (1987). Principles of Language Learning and Teaching. New Jersey: Prentice Hall.

Brown, H. D. (1994). Teaching by Principles. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall Regents.

Brownoski, J. (1972). The Ascent of Man. Boston: Little, Brown and Company.

Carrel, P. L., Moneta S. P, dan Gusti G. A. (1996). “Personality Types and Language Learning in an EFL Context”, Langage Learning No. 46:1, pp. 75-99.

Dardjowidjojo, S. (1986). “Dasar-dasar Neurofisiologis dalam Penguasaan Bahasa” dalam Bambang Kaswanti Purwo (ed.), Pusparagam Linguistik & Pengajaran Bahasa, Jakarta: Penerbit Arcan, pp. 148-149

Dardjowidjojo, S. (1997). “English Policies and their Classroom Impact in some Asean/Asian Countries.” Dalam M. Jacobs (ed), Language Classrooms of Tomorrow: Issues and Responses, Singapore: SEAMEO Regional Language Centre, pp. 36-54.

Ellis, R. (1986). Understanding Second Language Acquisition, Oxford: Oxford University Press.

Ellis, R. (2003). Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Fishman, J. A. (1968). Reading in the Sociology of Language. The Hogue: Mouton.

Gardner, R. C. & Wallace E. Lambert, Attitudes and Motivation in Second Language Learning, Rowley, Massachussets: Newbury House Publishers, (1972) p. 3.

Goleman, D. (1997). Kecerdasan Emosional, alih bahasa oleh T. Hermaya (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, p. 58.

Green, J. M. & Rebecca Oxford, “A Closer Look at Learning Strategies, L2 Proficiency, and Gender”, TESOL Quarterly Vol. 29 No. 2 (1995) pp. 261-297.

Griffith, C (ed.). (2008). Lessons from Good Language Learners, Cambridge: Cambridge University Press.

Gunarwan, A. (2000). “Globalisation and the Teaching of English in Indonesia,” Language in the Global Context : Implications for the Language Classroom (ed.) Kam, Ho Wah dan Ward, Christoper, 312-325. Singapura: SEAMEO Regional Language Centre.

Hamied, F, A. (1997). “EFL Program Surveys in Indonesian Schools”, dalam George M. Jacob (ed.), Language Classrooms of Tomorrow: Issues and Responses, Anthology Series 38, Singapore: SEAMEO RELC.

Haryanto. (1999). Motivasi dan Strategi Belajar pada Pembelajar Bahasa Inggris yang Berhasil di SMA, Disertasi S3, Jakarta : IKIP Jakarta.

Hashim, R. A, & Sharifah A. S. (1994). “Examining Learners Language Learning Strategies” dalam “RELC Journal Vol.25 No.2,.

Huda, N. (1990). A Survey of the Teaching of English in Secondary Schools in Eight Province, “TEFLIN Journal: An EFL Journal in Indonesia, III, I.

Huda, N. (1994). Principle of meaningful approach in the 1994 English curriculum. Makalah disajikan dalam seminar TELIN di Ujung Pandang. 6-8 Oktober 1994.

Larsen-Freeman, D. & M. A. (2011). Techniques & Principles in Language Teaching, Oxford: Oxford University Press.

Lenneberg, E. H. (1967). Biological Foundations of Language, New York: John Willey & Sons, p. 142.

Naiman N. M. F, H. H. Stern & Angie, T. (1978). The Good Language Learner, Research in Education Series 7, Toronto : Ontario Institute for Studies in Education.

Neil N. M. F, dan H. H. Stern. (1986). “The Good Language Learner”, dalam Ellis, op. cit. p.122.

Nunan, D. (2009). Task-Based Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

O’Malley, J. M., & Chamot. (1990). Learning Strategies in Second Language Acquisition, Cambridge: Cambridge University Press.

Oxford, R & Martha N. (1989). “Variable Affecting Choice of Language Learning Strategies by University Students”, The Modern Language Journal Vol. 73 No. 3, pp. 291-300.

Oxford, R., & David, C. (1989). “Research on Language Learning Strategies: Methods, Findings, and Instructional Issues”, The Modern Language Journal Vol. 73 No. 4, pp. 404-419.

Reiss, A. (1985). “The Good Language Learner: Another Look.” Canadian Modern Language Review 41: 511 – 23.

Renandya, W. A. (1997). “Motivasi Integratif dan Instrumental: Sejauh mana Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris?” dalam PELLBA 10 (Yogyakarta: Kanisius, pp. 220.

Richards, J. C. & Theodore S. R. (2009). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Robert C. dan William E. Lambert, Attitudes and Motivation (Massachussets: Newbury House Publishers. (1972), p. 132.

Robert C. Gardner dan Peter D. McIntyre, 1995. “An Instrumental Motivation in Language Study: Who says It Isn’t Effective?”, dalam H. Douglas Brown dan Susan T. Gonzo, Readings on Second Language Acquisition (New Jersey: Prentice Hall Regents, pp. 206-225.

Rossier, R. (1986). “Extroversion-Introversion as a Significant Variabel in the Learning of Oral English as a Second Language”, Disertasi Doktor, University of Southern California.

Rubin, J. (1975). “What the ‘Good Language Learner Can Teach Us.” TESOL Quarterly 9, pp: 41 – 51.

Rubin, J. (1981). “Study of Cognitive Processes in Second Language Learning”, Applied Linguistics Vol. 11 No. 2, pp. 124-125.

Sadtono, E. (1986). “Wanted: Good Language Learners”, TEFLIN Journal Vol. VIII No. 1.

Sakkir, G. (2020). The Effectiveness of Pictures in Enhance Writing Skill of Senior High School Students. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).

Sakkir, G., Dollah, S., & Ahmad, J. (2020). Students’ Perceptions toward Using YouTube in EFL Classrooms. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 1-10.

Sakkir, G., Dollah, S., Arsyad, S., & Ahmad, J. (2021). Need Analysis for Developing Writing Skill Materials Using Facebook for English Undergraduate Students. International Journal of Language Education, 5(1), 542-551.

Saputra, U. R., Maulina, M., Nasrullah, R., & Sakkir, G. (2021). Students’ Sentence Errors on WhatsApp Daily Status: A Literature Review. Celebes Journal of Language Studies, 23-31.

Schumann, J. H. (1978). Understanding Second and Foreign Language Learning, Massachussets: Newbury House Publishers, Inc., pp. 163-178.

Semiawan, C. R., l. M. Putrawan, dan Th. I. Setiawan. (1991). Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Snow, C & Hofnagel H. (1978). “The Critical Age for Language Acquisition” sebagaimana dikutip oleh M.F. Baradja, 1994, “Memperkenalkan Pemerolehan Bahasa Kedua”, Journal Pendidikan Humaniora dan Sains No. 1, p.6.

Spolsky, B. (1989). Conditions for Second Language Learning, Oxford: Oxford University Press.

Steers, R. M. dan Lyman W. Porter, Motivation and Work Behavior (New York: McGraw-Hill, Inc. (1991) p.6.

Stern, H. H. (1983). Fundamental Concept of language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Stevick, E. W. (1989). Success with Foreign Languages. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Subyakto-Nababan, S. U. (1993). Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Swain, M. & B. Burnaby. (1986). “Personality Characteristics and Second Language Learning in Young Children”, dalam Ellis, 1986.

Weda, S. (2005). “English Language Learning Strategies Employed by Senior Secondary School Students”, Makalah disajikan pada KOLITA 3, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Universitas katolik Atmajaya Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.