Model Prevensi Korupsi Melalui Tadabbur QS. Ali-Imran [3]: 161-164 (Terapan Workplace Spirituality dalam Organisasi)

Ahmad Yasser Mansyur(1*), Sitti Syawaliyah Gismin(2), Ahmad Ahmad(3), Andi Nasrawati Hamid(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendepkripsikan hasil tadabbur terhadap Al-Qur`an surah Ali-Imran [3}:161-164 sebagai prevensi perilaku korupsi  pada karyawan BUMD X Kota Makassar.  Selain itu diuraikan hasil kajan literatur model profetik anti korupsi berdasar Q.S.Ali-Imran [3]:161-164 dengan metode tafsir maudu`i (tematik). Penelitian ini menggunakan pendekatan FGD terdahap karyawan BUMD  X yang berjumlah 25 orang dan pendekatan kajian pustaka. Sumber psikoterapi profetik diambil dari menelaah ayat-ayat Al-Qur`an dengan pendekatan tafsir maudhu`i (tematik).  Penulis mengkaji  al-Qur`an surah Ali-Imran ayat 161 sampai 164 yang di dalamnya terdapat konsep korupsi dan penanganannya sebagai langkah preventif pengembangan SDM karyawan bebas korupsi. Tafsir tematik memperhatikan konteks tekstual, konteks historis dan konteks sosiologis. Model prevensi  korupsi bersifat kenabian yang nilainya disandarkan pada keteladanan nabi Muhammad SAW, di dalamya terdapat tiga tahap prevensi yaitu tahap tilawah, tahap tazkiyah dan tahap taklim. Program pengembangan karir yang profesional (qowiyyun) dan berintegritas (al-amiin) menjadi prioritas utama kualitas SDM Indonesia. Ke depan, model Model prevensi  korupsi bersifat kenabian ini akan dideskripsikan dalam bentuk prototipe berupa modul terapi dan pelatihan serta didesain dalam penelitian eksperimen sebagai langkah  pengembangan SDM anti korupsi.

 

Kata Kunci: Psikoterapi Profetik, Anti Korupsi, Pengembangan SDM

Full Text:

PDF

References


Aliah B. Purwakania Hasan. 2008. Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran Hingga Pascakematian. Jakarta: Rajawali Pers.

Allah SWT. Hak Cipta Milik Allah. Jumadil Akhir 1425 (Ogos 2004.) Al-Qur`an Digital Versi 2.1. Website http://www.alquran-digital.com. E-mail info@alquran-digital.com.

Antonio, Muhammad Syafii. 2007 Muhammad SAW: The super leader super manager ProLM Centre Jakarta.

Ardisasmita, M. Syamsa. 2006. Definisi Korupsi Menurut Perspektif Hukum Dan E-Announcement Untuk Tata Kelola Pemerintahan Yang Lebih Terbuka, Transparan Dan Akuntabel. Dalam Seminar Nasional Upaya Perbaikan Sistem Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia

Arief Rahman. 2012. Perilaku Korup Akibat Lalai Terapkan Nilai Agama. http://www.koruptorindonesia.com/archives/11057

at-Tuwajiri, Muhammadi Bin Ibrahim bin Abdullah. 2007. Ensiklopedi Islami al-kamil. Terj. Jakarta: Darus Sunnah.

Az-zahrani,Mudfir bin Said. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani.

Budimansyah, D., Ruyadi, Y., & Rusmana N. 2010. Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi: Penguatan PKn, Layanan Bimbingan Psikoterapi dan KKN Tematik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Corey,Gerald. 1988. Teori dan praktik konseling dan psikoterapi. Bandung: PT.Eresco.

Dirjend Pendidikan Dasar Kemdiknas.. 2011. Perspektif: Pendidikan Karakter Menuju Bangsa Unggul. Pilicy Brief, Edisi 4 Juli 2011.

Echols, John M. & Shadily, Hassan. 1996. Kamus Inggris–Indonesia Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Hanafi, Irfan. 2010. Korupsi dan Pengertiannya. http://soloraya.net/korupsi-dan-pengertiannya.html

Hasan, Muhammad Tholhah. 2004 Prospek Islam dalam menghadapi tantangan zaman Lontabora Press Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (https://www.kbbi.web.id), diakses 11 Februari 2018.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Kemendiknas Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. 2006. Fikih Antikorupsi: Perspektif Ulama Muhammadiyah.

Mansyur, Ahmad Yasser. 2007. Kumpulan materi dan tema-tema psikologi bersumber dari Al-Qur`an. Makassar: Fakultas Psikologi UNM.

Mansyur, Ahmad Yasser. 2009 ”Membangun konsep kepemimpinan prophetic (prophetic leadership); alternatif solusi ke atas permasalahan kepemimpinan bangsa” Proseding Scientific Conference IV PPI UKM Facing the Future with Science.

Mansyur, Ahmad Yasser. 2012. Gaya Kepemimpinan Prophetic Sebagai Model Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan Dan Outcomes Organisasi Secara Intrinsik Pada Lembaga Ekomomi Syariah. Laporan Penelitian strategis Nasional, DIKTI.

Mansyur, Ahmad Yasser. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Intrinsik Terhadap Outcomes Organisasi Bisnis, Publik dan Nonpropfit. Disertasi. UKM Malayasia.

Mansyur, Ahmad Yasser. 2013. Personal Prophetic Leadership Sebagai Model Pendidikan Karakter Bersifat Intrinsik Atasi Korupsi. ISSN 2089-5003, Th.III, No.1 Feb.2013. Jurnal Pendidikan Karakter UNY.

Moejiono, Imam. 2002 Kepemimpinan and Keorganisasian UII Press Yogyakarta.

Munawir, Ahmad Warson, 1984. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia, Yogyakarta: PonPes Al-Munawwir Krapyak.

Nawawi, Imam. t.th. Riyadu As-Shilihin. Dlm. Babun Al-Mar. www.attasmeem.com

Shihab, M. Quraish. 2006. Membumikan Al-Qur`an; fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyrakat. Cetakan XXIX. Bandung: Mizan.

Shihab, umar. 2005. Kontekstalitas Al-Qur`an Kajian Tematik Ayat-ayat Hukum dalam Al-Qur`an. Jakarta: Permadani.

Tafsir Jalalain, Az-Zikr. Versi Android. 2010. 3 bagian 9; hlm.161-180.

Usman Najati, 1985.Al-Qur'an wa Ilmu al Nafs.Terj. Ahmad Rofi’ Usmani.Al-Qur'an dan Ilmu Jiwa, (Bandung: Pustaka) hlm. 302

Zuchdi, D., Kuntoro Sodiq A., Kunprasetya Z., & Marzuki. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas. UNY.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.