Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 5 Pangkep

Sri Mentari Pattola(1*), Hasanah Nur(2), Abdul Muis Mappalotteng(3), Zainuddin Zainuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), motivasi kerja dan kinerja guru. Adapun data di peroleh dari angket dengan menyebarkan langsung dan memanfaatkan aplikasi google form, dilengkapi dengan wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru di SMKN 5 Pangkep sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berada pada kategori tinggi sebesar 90% dan motivasi kerja guru berada pada kategori sedang sebesar 3.3 % terhadap kinerja guru. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berpengaruh positif signifikan sebesar 70% terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep. Motivasi kerja berpengaruh positif sebesar 3.3% terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep. Pembelajaran  berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan motivasi kerja berpengaruh simultan sebesar 0.05% terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep.

Keywords: Pembelajaran Berbasis TIK, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdurrahim, .2021. Analisis Faktor-FAktor Yang Mempengaruhi Motivasi. Jurnal Pendidikan dan Dakwah.

Afandi dkk .2013. Model-model Pembelajaran. Semarang: Sultan Agung Press Rosda karya.

Agbo Igwe Sylvester, .2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi dan Komunikasi Teknologi (ICT) dalam Pengajaran dan Pembelajaran Ilmu Komputer di Wilayah Pemerintah Lokal Ohaukwu Negara Bagian Ebonyi-Nigeria. Journal of Education and Practice. Issn 2222-1735 vol. No.7

Ahmad, .2017. Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Idaarah.

Anoraga, .2014. Psikologi Kerja. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ardiana Titin Eka, .2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Fajak. 7 (2). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Asmawi, Syafael, & Yamin, M. .2019. Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan, 51.

Azwar, S. 2015. Realibilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Batubara, .2017. Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Fakto-fakto, dan Upaya Mneingkatkannya. .Malang. Muallimuna.

Charolina Yanthi & Honny .2021. Pemanfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi. Universitas Bunda Mulia. Paradigma.

Destiana Bonita, .2014. Faktor Determinan Pemanfaatan TIK dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru pada SMK. Jurnal Pendidikan Fokasi, 4 (3).

Effandi Muhajir, .2018. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.YNHW.

Chukwuma, E.M., & Obiefuna, O. (2014). Effect of Motivation on Employee Productivity : A Study of Manufacturing Companies in Nnewi. Journal of Managerial Studies and Research 2 (7).

Gunawan, dkk. 2018. Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (K-13). Sefa Bumi Persada.Jakarta.

Goni, Dkk. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. BRI. Universitas Sam Ratulangi. Productivity 2 (4).

https://buku.yunandracenter.com/produk/pp-57-tahun-2021 standar nasional pendidikan

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan, 184-192.

Husniayatus, .2017. Pengembanagan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Kencana Prenada Group. Jakarta.

Iskandar A, .2020. Aplikasi Pembelajaran berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).Online. Available at: http://kbbi.web.id/pusat

Koswara dan Rasto, .2016. Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi (Competence and teachers performance with professional certification). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Lubis Iman & Safii Moh,. 2018. Smart Economi ( Menbahas Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi ). Karya Abadi Mitra Indo. Tangerang Selatan.

Manullang, .2016. Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press. P.O.BOX 14, Bulaksumur, Yogyakarta.

Mukhsin, .2020. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Menerapkan sistem Informasi Desa dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. Teknokom. Jawa Barat 3 (1).

Muslimin, .2020. Program Penilaian Kinerja guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatan Prestasi Kerja Guru. INDONESIAN Journal of education management & administration review 4.(1).

Musdalifa, dkk .2021. PEngaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Uin Alauddin Makassar. Edu Leadership 1 (1).

Mustofa, 2013. Supervisi Pendidikan Terobosan and dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Muzakki H, .2016. Pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan pt. Telkom pusat divisi regional v surabaya). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Nurhasanah,. 2019. Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.

Nurlela, .2017. Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Pasundan Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia

Nurrita T, .2019. Pengembangan Medi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat 3(1).

Pamela, A. O., & Oloko. (2015). Effect of motivation on employee performance of commercial banks in kenya : A case study of Kenya Commercial Bank in Migori County. Journal of Human Resource Studies 5 (2).

Piandi Didi. 2018, Kinerja Guru, Sukabumi: CV Jejak.

Kemendikbud. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Pustekkom.

Rianto Bayu & Dozan Welli, .2020. Dasar-Dasar Pengantar Teknologi Informasi. Multimedia Edukasi. Malang.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Rusman, .2012. Model-Model Pembelajaran. Depok. PT. Rajagrafindo Persada.

Rusmani, dkk.2019. PENGARUH Budaya Organisasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja di SMKN 2 Bojonogoro. Jurnal Mitra Pendidikan 3 (5)- 708-722.

Rusyidi & Abdillah, . 2018. Pembelajaran Terpadu. Medan. LPPPI.

Safitri Dewi, .2019.Menjadi Guru Profesional. Riau. Indragiri Dot Com.

Siahaan, .2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran : Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Banten. Pustekkom. Jurnal Teknodik.

Suardi Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran.Yokyakarta.Deepublish.

Sugiyono, .2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sunarsi, 2020. Panduan Meningkatkan Kinerja dan Kepuasan Guru. Banten. Desanta Muliavisitama.

Supardi,. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono Agus, 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Susanti Aria, .2021. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jawa Tengah. Nasya Expending Management.

Tanius, Nelwati. .2018. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi). 1(4). 66-79.

Teke Martinus. .2017. Pemanfaatan Teknologi Infromasi dan Teknologi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Fateksa Teknologi dan Rekayasa. Universitas Satya Wiyata Mandala.

Tuti A, .2015. Sistem Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Riau. Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya. Vol. 12.

Umardulis. .2019. Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Supervisi Klinis. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3, 870–878.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Wan Fauziah, W.Y., & Tan, S.K. (2013). Generation Differences in work Motivation : From Developing Country Persepctive. Journal of Economy, Management and sosial Sciences 2 (4), 97-103.

Wernely. 2018. Uapaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di TK Aisyiyah Kota Dumai. Universitas Riau. Jurnal Pajar Pendidikan dan Pengajaran.

Werang Basilius Redan., dkk .2019. Factors Affecting The Low Quality of Graduates in East Indonesia Border Area (Case Study at State Senior High Schools in Merauke Regency, Papua). Papua: Universitas Musamus. 7(4), 187-198.

Widagdo, dkk. 2020. Penilaian Kinerja, Budaya Kerja, & Kepemimpinan Optimalisasi Peningkatan KInerja Guru. Mandala Press. Jember Jawa Timur.

mnYahfizham,. 2019. Dasar-dasar Komputer. Perdana Publishing. Medan


Article Metrics

Abstract view : 319 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.