Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar

Fiskia Rera Baharuddin(1*), Amiruddin Amiruddin(2), Andi Muadz Palerangi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak; Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Tahun 2022 terkait pembelajaran TPACK pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling kepada mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Tahun 2022 sebanyak 1449 dari dua puluh dua bidang studi yang dilaksanakan di program studi pendidikan profesi guru universitas negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian tingkat pemahamn guru terhadap pembelajaran TPACK adalah (1) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 43,82% dengan kategori sangat baik; (2) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 44,65% dengan kategori sangat baik; (3) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Pedagogical Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 47,34% dengan kategori sangat baik; (4) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Pedagogical Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 44,79% dengan kategori sangat baik; (5) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 54,04% dengan kategori sangat baik; (6) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Pedagogical Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 48,00% dengan kategori sangat baik; (7) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Pedagogical Knowledge Technological pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 49,28% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Pembelajaran, Guru, TPACK


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aquino, A. B. (2015). Self-efficacy on Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) of Biological Science Pre-Service Teachers. Asia Pasific Journal of Multidiciplinary Research. Vol 3 (4). Hal: 150-15.

Chai, C.S., Koh, J.H.L., & Tsai, C.C. (2013) A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society. Vol 16(2). Hal: 31-51.

Desstya, A. (2018). Validitas Reliabilitas Instrument Technologycal Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar Muatan Pelajaran IPA. Journal Basic Of Education, Vol.03 (01).

Dwi, U.N., Slamet S., Bowo.S. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X8 SMA Negeri 1 SukoharjoTahun Pelajaran 2010/2011.

Harris, J., Punya M., & Matthew K. (2009). Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge and Learning Activity Types: Curriculum-based Technology Integration Reframed. Journal of Research on Technology in Education (JRTE). Vol 41(4). Hal: 393-416.

Hashim, Zulkefli., & Fatin, A. P. (2013). Amalan Pengetahuan Teknologi Pedagogi Kandungan Guru Fizik Tingkatan Enam. 2nd Internasional Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE).

Koehler, M.J., & Mishra,P. (2006). What Happens When Teachers Design Educational Technology? The Development of Technological Pedagogical Content Knowledge. Journal of Educational Computing Research. 32(2): 131-152.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technologyand Teacher Education (CITE Journal). Vol 9(1). Hal: 60-70.

Koehler, M. J. , Punya Mishra, Mete Akcaoglu, Joshua M. Rosenberg. (2013). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators. ICT integrated teacher education models (pp. 1-8). New Delhi, India: Commonwealth Educational Media Center For Asia.

Koehler, M. J., P. Mishra, K., Kereluik, T. S. Shin., & C. R. Graham. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. In J. M. Spector et al (Eds), Handbook of Research on Educational Communications and Technology (pp. 101-111). New York: Springer Science.

Mishra, P & Mattew J. K. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record. Vol 108 (6). Hal: 1017- 1054.

Schmidt., Knut., & Nielsen. (1997). Animal Physiology 5th Edition; Adaptation and environment. USA: Cambridge University Press.

Srisawasdi & Niwat. (2012). The Role of TPACK in Physics Classroom: Case Studies of Preservice Physics Teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Vol 46 : Hal 3235-3243.

Suryawati, E., Firdaus L.N., & Yosua H. (2014). Analisis Keterampilan TechnologicaPedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru.Jurnal Biogenesis. Vol 11(1). Hal: 67-72.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication

Undang-Undang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301 Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiyanto, A.M. 2013. Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial. Jakarta: Elex Media Computindo.

Zhang, Y. (2015). Pedagogical Content Knowledge in Early Mathematics: What Teachers Know and How It Associates with Teaching and Learning. Dissertations. Loyola University Chicago.


Article Metrics

Abstract view : 147 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.