Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar

Andi Muhammad Irfan(1*), A. Sri Astika Wahyuni(2), Nurlaela Nurlaela(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak; Kegiatan pembelajaran inovatif merupakan salah satu mata kegiatan yang dikemas dalam bentuk praktik pengalaman lapangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Tahun 2022 dalam melaksanakan kegiatan praktik pembelajaran inovatif yang terdiri dari rencana aksi I, rencana aksi II, refleksi akhir dan rencana tindak lanjut. metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling kepada mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Tahun 2022 sebanyak 1186 dari lima belas bidang studi yang dilaksanakan di program studi pendidikan profesi guru universitas negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket dengan teknik analisis datanya yakni analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian dari pemetaan penguasaan aspek praktik pembelajaran inovatif adalah (1) Kegiatan praktik pembelajaran inovatif pada rencana aksi I, mengungkapkan bahwa tingkat presentase mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I sebesar 57,14% dengan kategori sangat baik.; (2) Kegiatan praktik pembelajaran inovatif pada rencana aksi II, mengungkapkan bahwa tingkat presentase mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I sebesar 47,72% dengan kategori sangat baik; (3) Kegiatan praktik pembelajaran inovatif pada rencana akhir mengungkapkan bahwa tingkat presentase mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I sebesar 46,96% dengan kategori sangat baik; (4) Kegiatan praktik pembelajaran inovatif pada rencana tindak lanjut mengungkapkan bahwa tingkat presentase mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I sebesar 47,47% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Praktik, Pembelajaran Inovatif.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi,13(2),161–174.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi, Dan Implementasi Dalam Pendidikan Global. Tangerang: An1mage.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish .

Dora, Y. M. (2019). Minat, Jiwa Kewirausahaan Dan Pengetahuan Untuk Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 92. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3535.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi, Dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawasa.

Hamalik, O. (2008). Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Julia, J. I. (2017). Membangun Generasi Emas 2045 Yang Berkarakter Dan Melek IT Dan Pelatihan Berpikir Suprasional. Prosding Seminar Nasional (pp.131-132). Sumedang: UPI Sumedang.

Kurnianingsih, I., Rosini, dan Ismayati, N. (2017). (literacy)Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370.

Maswan, dan Muslimin Khorul. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permindikbud nomor 87 Tahun 2013 tentang pendidikan profesi guru.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication

Suprayitno, A. (2019). Pedoman dan Penyusunan Pengembangan Diri Bagi Guru.Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Undang-Undang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301 Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wade, C. d. (2008). Psikology Edisi 9, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Wahyuni, D. (2018). Peningkatan kompetensi guru menuju era revolusi industri 4.0.Diaksesdarihttps://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20SingkatX-24-II-P3DI Desember-2018-218.pdf.

Welle, Deutsche. (2019). Kuasai Abad ke 21 dengan Belajar Pemograman Komputer atau Coding.https://news.detik.com/dw/d-4819724/kuasaiabad-ke-21-dengan-belajar-pemrograman-komputer-atau-coding. (Diunduh tanggal 12 Desember 2019).

Widiyanto, A.M. 2013. Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial. Jakarta: Elex Media Computindo.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan Abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278. https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf.

Yusuf & Ruslan. 2014. pengaruh kopetensi profesional guru biologi yang telah

tersertifikat terhadap hasil belajar siswa si Sma se-kota ternate. Jurnal Bio Edukasi

(1) ISSN 2301-4678.

Yusuf.Ahmad.2016. Model-Model Pengembangan rofesionalisme Guru. Konvensi


Article Metrics

Abstract view : 403 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.