Analisis Platform LMS Pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Lingkup Kementerian Agama Universitas Negeri Makassar

Fiskia Rera Baharuddin(1*), A. Sri Astika Wahyuni(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan Mahasiswa PPG dalam penggunaan Platform LSM pada Pembelajaran daring Pendidikan Profesi Guru Lingkup Kementerian Agama Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling kepada mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 sebanyak 340 dari dua belas bidang studi yang dilaksanakan di program studi pendidikan profesi guru universitas negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian terkait penggunaan platform LMS bagi mahasiswa PPG Dalam Jabatan adalah (1)Penggunaan Interaksi melalui fitur Platform LMS pada pembelajaran Daring Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan menunjukan bahwa dari 340 Mahasiswa PPG terdapat 185 mahasiswa berada pada kategori sangat baik dengan tingkat presentase 54,41%; (2) Penggunaan Aksebilitas melalui fitur Platform LMS pada pembelajaran Daring Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan menunjukan bahwa dari 340 Mahasiswa PPG terdapat 146 mahasiswa berada pada kategori sangat baik dengan tingkat presentase 42,94%; (3) Penggunaan Modul atau Tugas melalui fitur Platform LMS pada pembelajaran Daring Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan menunjukan bahwa dari 340 Mahasiswa PPG terdapat 137 mahasiswa berada pada kategori sangat baik dengan tingkat presentase 40,29%; (4) Penggunaan Efesiensi Waktu melalui fitur Platform LMS pada pembelajaran Daring Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan menunjukan bahwa dari 340 Mahasiswa PPG terdapat 125 mahasiswa berada pada kategori baik dengan tingkat presentase 36,76%.

Kata kunci: Platform LMS, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Darmawan, A. (2015). Pemilihan Sistem Learning Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan Criterium Decision Plus 3.0. Faktor Exacta, 7(3), 260-270.

Harsono, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Informatika Dan Komputasi, 12(1), 48–50.

Hendri. (2014). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. Jurnal Media Sistem Informasi, 8(1), 22– 28.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.

Hartley, D. E. (2001). Selling e-learning. American Society for Training and Development.

Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring).

Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halaman. 77–84.

Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (LMS) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV.Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Permindikbud nomor 87 Tahun 2013 tentang pendidikan profesi guru.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ratnasari, A. (2012). Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012, 2012(Snati), 15–16.

Suprayitno, A. (2019). Pedoman dan Penyusunan Pengembangan Diri Bagi Guru.Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ratnasari, A. (2012). Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012, 2012(Snati), 15–16.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Di Perguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Undang-Undang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301 Jakarta.

Undang-Undang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301 Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf & Ruslan. 2014. pengaruh kopetensi profesional guru biologi yang telah tersertifikat terhadap hasil belajar siswa si Sma se-kota ternate. Jurnal Bio Edukasi 3(1) ISSN 2301-4678. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.

Widiyanto, A.M. 2013. Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial. Jakarta; Elex Media Computindo.


Article Metrics

Abstract view : 230 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.