Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Perguruan Tinggi

A. Muhammad Idkhan(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Model Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilaksanakan bagi peserta didik untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan daya imajinasi, kreasi dan inovasi. Berdasarkan kondisi dilapangan dari hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa dan alumni Fakultas Teknik UNM yang telah melaksanakan proses belajar mengajar khususnya matakuliah kewirausahaan menyatakan bahwa mata kuliah ini sama dengan mata kuliah lainnya, yaitu hanya menekankan pada tatanan pengetahuan dan tidak pada azas pembentukan sikap kewirausahaan. Selain itu, motivasi mahasiswa terhambat oleh perasaaan ketidakpastian karier menjadi seorang pengusaha. Sedangkan pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang mengantar peserta didik secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata dan relevan (Grant,2002).Universitas Negeri Makassar sebagai lembaga pendidikan tinggi, memiliki tanggungjawab dalam pengembangan bidang kependidikan dan non kependidikan, sesuai dengan visi UNM 2025 yakni “ Universitas Negeri Makassar sebagai pusat pendidikan, pengkajian, dan pengembangan ilmu pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan yang unggul untuk menghasilkan lulusan profesional.” Sasaran strategis Universitas Negeri Makassar salah satunya adalah peningkatan kualitas lulusan yang unggul dan profesional sesuai dengan tuntutan pasar kerja. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah kewirausahaan di Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan control group pre test – post tes design. Jumlah Populasi 85 mahasiswa dari program S1 dari Fakultas Teknik. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistic deskripsi. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata hasil post tes pada soal kompetensi ternyata ada peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek mata kuliah kewirausahaan

Kata kunci: model pembelajaran berbasis proyek, intensi, kesiapan berwirausaha


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 695 times | PDF view : 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.