Evaluasi Pelaksanaan Musyawarah Guru Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (MGBTIK) Tingkat SMP di Kota Palopo
(1) Pendidikan Teknoligi dan Kejuruan, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknoligi dan Kejuruan, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknoligi dan Kejuruan, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Teknoligi dan Kejuruan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil evaluasi dari Musyawarah Guru Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (MGBTIK) SMP di Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif desain CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian meliputi pengurus MGBTIK, anggota, kepala sekolah dan pengawas. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, angket, dokumentasi, FGD. Hasil penelitian menunjukkan 1) Evaluasi konteks; visi misi belum diketahui oleh anggota sehingga perlu disosialisasikan, penggalian data kebutuhan Guru TIK sebaiknya disesuaikan dengan 4 kompetensi guru, hal ini dikategorikan baik. 2) Evaluasi input; sarana prasarana sangat kurang dan pemateri MGBTIK masih terbatas, sehingga daftar narasumber perlu ditambah sebagai referensi pemateri, melakukan pengajuan proposal ke berbagai pihak, hal ini dikategorikan kurang baik. 3) Evaluasi proses; frekuensi kegiatan rutinan 8x pertemuan/setahun, pengadministrasian cukup baik, namun program pengembangan belum terealisasi, hal ini dikategorikan kurang baik. 4) Evaluasi produk; laporan kegiatan/LPJ belum lengkap, dampak MGBTIK bagi guru dan sekolah cukup memuaskan walau produk good-practice masih kurang, hal ini dikategorikan baik.
Kata kunci: Evaluasi; Konteks; Input; Proses; Produk
Full Text:
PDFReferences
Ambiyar, M. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Depdiknas. (2005). PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005
Depdiknas. (2008). PP No. 74 Tahun 2008 tentang Guru [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4892/pp-no-74-tahun-2008
Depsiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran TIK. Depdiknas.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Departemen Pendidikan Nasional.
Jabar;, S. A. C. S. A. (2014). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis praktisi pendidikan / Suharsimi Arikunto (Jakarta). Bumi Aksara. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8777&keywords=
McMillan JH, S. (2010). Research In Education: Evidence Based Inquiry. Pearson Education Inc.
Prihadi, S. F. (2004). Assessment centre: Identifikasi, pengukuran dan pengembangan kompetensi. Gramedia Pustaka Utama.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. John Wiley & Sons.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (cet. 22). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan (Cet. 1). Remaja Rosadakarya.
Supardi, S. (2014). KINERJA GURU (Vol. 1). Raja Grafindo Persada. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=oPmxkCYAAAAJ&citation_for_view=oPmxkCYAAAAJ:qjMakFHDy7sC
Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Rajawali Pers.
Article Metrics
Abstract view : 87 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.