Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom pada Jurusan TKJ SMKN di Kabupaten Takalar

Jutawan Bakti Nawriama(1*), Hamsu Abdul Gani(2), Bakhrani A. Rauf(3), Zainuddin Zainuddin(4),

(1) Pendidikan Teknologi Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google Classroom pada Jurusan TKJ SMKN di Kabupaten Takalar. Selain itu penelitian ini juga di lakukkan untuk mengetahui kepraktisan media tersebut sehingga media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.  

Penelitian ini dilakukan di SMKN di Kabupaten Takalar yaitu SMKN 1 Takalar dan SMKN 3 Takalar. Jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Adapun tahapan pengembangan media meliputi Analysis, design, development, implementation, and evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara dan angket. Populasinya adalah seluruh guru dan siswa pada jurusan TKJ di SMKN Kabupaten Takalar, sampel meliputi empat orang guru kejuruan dan dua puluh orang siswa pada SMKN Kabupaten Takalar, 10 orang dari SMK Negeri 1 Takalar dan 10 orang dari SMK Negeri 3 Takalar.

Hasil penelitian ini sebesar 4.09 %, sehingga dapat diartikan uji praktis menghasilkan nilai baik karena berada pada rentang 3.41 % – 4.20 %. Skor ini juga menandakan pembelajaran interaktif berbasis google classroom  praktis untuk di gunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: pembelajaran, interaktif, google classrom

Full Text:

PDF

References


Adytya, B. (2021, Januari 19). Perbedaan Populasi dan Sampel. Retrieved Maret 11, 2021, from Merdeka: https://www.merdeka.com/trending/perbedaan-populasidan-sampel-ketahui-pengertian-hingga-contohnya-kln.html?page=3

Atsani, M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Budi, E. N. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN VIRTUAL CLASS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 62-75.

Elisa, E. (2016, 07 15). Pengertian Media Pembelajaran. Retrieved 01 12, 2021, from https://edel.staff.unja.ac.id/:

https://edel.staff.unja.ac.id/blog/artikel/Pengertian-Media-Pembelajaran.html

Haryati, R. (2020, Mei 08). Penulisan Waktu dan Tempat Penelitian Karya Ilmiah/Makalah. Retrieved Maret 2021, 2021, from Penelitian Ilmiah:

https://penelitianilmiah.com/waktu-dan-tempat-penelitian/

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Reserch & Development). Malang: Literasi Nusantara.

Harys. (2020, Agustus 11). Prosedur Penelitian. Retrieved Maret 07, 2021, from Jopglass: https://www.jopglass.com/prosedur-penelitian/

Heri. (2020, Januari 4). MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis

Jenis & Contoh. Retrieved 1 27, 2021, from Salamadian:

https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/

Mulyana, A. (2020, Februari 22). PENELITIAN PENGEMBANGAN (RESEARCH AND

DEVELOPMENT ) Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D. Retrieved 01

, 2021, from PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: https://ainamulyana.blogspot.com.

Nilakandi, Z. (2020, April 14). Pengertian Populasi dan Sampel Beserta Masing-Masing

Contohnya. Retrieved Maret 11, 2021, from nesabamedia:

https://www.nesabamedia.com/pengertian-populasi


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.